Penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi bahan kimia dalam makanan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP Negeri 4 Temanggung

Ratih Puspita Dewi, , 4401408001 (2012) Penerapan model pembelajaran Group Investigation pada materi bahan kimia dalam makanan terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP Negeri 4 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Model pembelajaran GI mendorong siswa dapat memperoleh suatu penemuan melalui kerjasama kelompok dan penyelidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran GI untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bahan kimia dalam makanan di SMP N 4 Temanggung. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental menggunakan desain Control Group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap sebanyak enam kelas kemudian diambil dua kelas yaitu kelas VIII C dan VIII D dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) atas dasar kedua kelas mempunyai rata-rata kelas terendah dibandingkan kelas yang lain. Kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerapkan model pembelajaran GI dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan metode ceramah. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa selisih post test – pre test kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Selisih nilai post test – pre test dan nilai ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol.Sementara untuk uji normalitas gain menunjukkan bahwa hasil pengukuran peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,59 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,48. Ketuntasan belajar pada kelas eksperimen (78,13%) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (43,75%).Aktivitas siswa kelas eksperimen 71% (aktif) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 55% (cukup aktif). Penerapan model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi bahan kimia dalam makanan di SMP Negeri 4 Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, bahan kimia dalam makanan, hasil belajar, model Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 23:58
Last Modified: 05 Sep 2012 23:58

Actions (login required)

View Item