Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Strategi Smart Numbers Quiz terhadap Kemampuan Representasi Materi Segiempat
Eko Pujianto, 4101408001 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Strategi Smart Numbers Quiz terhadap Kemampuan Representasi Materi Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Strategi Smart Numbers Quiz terhadap Kemampuan Representasi Materi Segiempat)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz efektif terhadap kemampuan representasi meliputi ketuntasan belajar dan perbedaan rata-rata kemampuan representasi antara eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP 3 Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Dengan cara acak terpilih sampel yaitu peserta didik kelas VII H dan VII G sebagai kelas eksperimen 1 dan 2, serta kelas VII I sebagai kelas kontrol. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 80,53, kelas eksperimen 2 sebesar 73,67, dan kelas kontrol sebesar 65,03. Dari hasil uji ketuntasan belajar dengan uji proporsi diperoleh peserta didik kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar (individual dan klasikal). Dari hasil uji Anava dengan bantuan SPSS, nilai Sig.= 0,000 kurang dari 0,05 artinya ada perbedaan rata-rata, kemudian dilakukan uji lanjut Scheffe menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Simpulan yang diperoleh adalah pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz dan pembelajaran kooperatif tipe TGT materi segiempat dapat mencapai ketuntasan belajar, ada perbedaan rata-rata antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz, model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan ekspositori, model pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz lebih baik dari pembelajaran kooperatif tipe TGT, dan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pembelajaran ekspositori sehingga pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz efektif terhadap kemampuan representasi materi segiempat dan dapat diterapkan di SMP 3 Kudus. Peneliti memberikan saran agar model pembelajaran kooperatif tipe TGT strategi Smart Numbers Quiz dapat diterapkan sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah khususnya dalam mengembangkan kemampuan representasi peserta didik kelas VII di SMP 3 Kudus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif tipe TGT, Smart Numbers Quiz, kemampuan representasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 03:53 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 03:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15078 |
Actions (login required)
View Item |