Korelasi Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi di Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2005/2006,
Slamet Harwanto, 3201402034 (2006) Korelasi Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi di Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2005/2006,. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Korelasi Pemanfaatan Sumber Belajar Geografi di Perpustakaan dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2005/2006,)
- Published Version
Download (730kB) | Preview |
Abstract
Ketersediaan sumber belajar geografi khususnya di perpustakaan sekolah, dapat dilihat dari data awal cukup memadai, baik dalam bentuk buku ajar geografi, ensiklopedi, atlas dan penunjang lainnya, akan tetapi kurang mendapat perhatian dari siswa dan guru dalam pemanfatannya untuk menunjang belajar geografi. Di SMA perpustakaan sekolah mempunyai berbagai macam bahan pustaka yang telah disesuaikan dengan materi pelajaran yang termuat dalam kurikulum yang bersangkutan (Nurhadi, 1983:9). Keterkaitan antara perpustakaan dengan prestasi belajar siswa, Sulistiyo dalam Umy (1999:25) berpendapat bahwa keberhasilan dalam menimba sumber informasi dalam perpustakaan akan banyak mempengaruhi. Namun,kebenaran argument ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar diperoleh jawaban yang kuat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah hubungan yang posistif antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri I Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006?, (2) Berapa besar hubungan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri I Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri I Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006. (2) Untuk mengetahui berapa besar hubungan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri I Karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 karangdowo Kabupaten Klaten tahun ajaran 2005/2006 yang berjumlah 271. Pengambilan sampel yang berjumlah 65 siswa dilakukan dengan proportional random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan, dan (2) Prestasi belajar geografi siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskripstif, korelasi product moment dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar geografi di perpsutakaan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2005/2006 termasuk dalam criteria cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari analisis Deskriptif Persentase (DP) yang memperoleh hasil dari skor minimum 3989 dibanding dengan skor maksimum sebesar 6500 adalah 61,37%. Terdapat korelasi yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi penelitian sebesar 0,503 > harga kritik 0,244 pada taraf signifikansi 5%. Besar hubungan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa termasuk kecil. Hal ini dapat di dilihat dari koefisien determinasi sebesar 6, 4%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2005/2006 cukup baik, akan tetapi sumber belajar geografi di perpustakaan kurang sesuai dengan materi pelajaran geografi kelas X menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Adanya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dengan prestasi belajar geografi siswa yang mempunyai hubungan yang kecil, hal itu disebabkan oleh kurangnya keterlibatan guru dalam pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan dan kurang relevannya sumber belajar geografi diperpustakaan yang sesuai dengan materi kelas X semester 1 dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Perlu diperhatikan agar dapat menjadi fungsional dalam meningkatkan prestasi belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo pada tahun-tahun yang akan datang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak sekolah atau kepala sekolah sebagai penentu kebijakan sekolah agar selalu memperhatikan kualitas, kuantitas dan relevansi sumber belajar di perpustakaan sekolah dengan melengkapi sumber buku ajar geografi yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Bagi guru hendaknya mendorong siswa untuk memanfaatkan sumber belajar geografi di perpustakaan dan melibatkan sumber belajar geografi di perpustakaan yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam pembelajaran geografi kelas X. Bagi siswa hendaknya lebih memaksimalkan pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan yang nantinya akan dapat meningkatkan prestasi belajar geografi siswa. Bagi petugas perpustakaan hendaknya selalu memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga siswa terbantu dalam mencari sumber belajar geografi di perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Sumber, Belajar, Perpustakaan, Prestasi. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 06:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |