Penerapan Model Hands On Minds On dengan Bantuan Media Asli pada Materi Spermatophyta di MAN Batang


Euis Komariah.Siswati,, 4401407001 (2011) Penerapan Model Hands On Minds On dengan Bantuan Media Asli pada Materi Spermatophyta di MAN Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Hands On Minds On dengan Bantuan Media Asli pada Materi Spermatophyta di MAN Batang] Microsoft Word (Penerapan Model Hands On Minds On dengan Bantuan Media Asli pada Materi Spermatophyta di MAN Batang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Model pembelajaran hands on minds on yaitu model pembelajaran dimana siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan guru menjelaskan tetapi dalam pembelajaran ini siswa mengamati, melakukan dan mengidentifikasi secara langsung pada objek yang dipelajari. Media asli digunakan dalam pembelajaran agar siswa dapat belajar langsung dengan alam sekitar dan materi menjadi tidak abstrak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model hands on minds on dengan bantuan media asli terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Spermatophyta di MAN Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain one shoot case study. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Batang. Variabel penelitian yaitu variabel terikat dan variabel bebas. Teknik pengumpulan data menggunakan nilai evaluasi, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu analisis hasil belajar,analisis aktivitas siswa, analisis hasil tanggapan siswa dan guru. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila ketuntasan klasikal siswa ≥85 % dengan KKM ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan hands on minds on dengan bantuan media asli pada materi Spermatophyta di MAN Batang dapat dilaksanakan secara maksimal. Secara individual rata-rata hasil belajar siswa di kedua kelas lebih dari 65, kelas X.1 74,83 dan kelas X.4 75,05. Ketuntasan secara klasikal persentasenya mencapai lebih dari 85% yaitu 91,42% untuk kelas X.1 dan kelas X.4 94,28%. Aktifitas siswa menunjukkan respon positif pada aktivitas pembelajarannya di kelas X.1 dan X.4 86,66% dan aktivitas praktikum mencapai kelas X.1 88,57% dan kelas X.4 93,33%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan hands on minds on dengan bantuan media asli dapat diterapkan pada materi Spermatophyta karena dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Asli, Model“Hands On Minds On”, Spermatophyta.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 03:00
Last Modified: 06 Sep 2012 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15058

Actions (login required)

View Item View Item