Penggunaan Kartu Bergambar yang Dilengkapi Media Slide Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Gemuh Kendal.


Festian S Nurita, , 4401405531 (2009) Penggunaan Kartu Bergambar yang Dilengkapi Media Slide Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Gemuh Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Kartu Bergambar yang Dilengkapi Media Slide Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Gemuh Kendal.]
Preview
PDF (Penggunaan Kartu Bergambar yang Dilengkapi Media Slide Presentation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Organisasi Kehidupan di SMP N 1 Gemuh Kendal.) - Published Version
Download (34kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi di SMP N 1 Gemuh dengan mewawancarai guru biologi dan pengamatan terhadap proses pembelajaran memberikan gambaran bahwa di kelas VIIA siswa cenderung pasif, siswa masih sangat jarang bertanya dan juga mengeluarkan pendapatnya saat pembelajaran. Hal ini dikarenakan jam pelajaran IPA berlangsung pada siang hari sehingga konsentrasi siswa sudah terpecah serta kondisi siswa sudah lelah. Materi organisasi kehidupan dipilih dalam penelitian ini karena hasil belajar materi ini rendah, terlihat dari nilai ulangan pada materi Organisasi Kehidupan dari tahun sebelumnya yaitu 2007/2008 berkisar antara 42-76 dan sebagian besar siswa mendapatkan nilai di bawah ketuntasan minimal sebesar 66. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi organisasi kehidupan menggunakan kartu bergambar yang dilengkapi media slide presentation pada siswa kelas VIIA SMP N1 Gemuh. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya ada empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan pada setiap siklus menggunakan kartu bergambar yang dilengkapi media slide presentation. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa, yang meliputi aspek kognitif dan aspek afektif. Data tambahan meliputi kinerja guru, aktivitas siswa, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meliputi aspek kognitif dan afektif mengalami peningkatan. Hasil belajar aspek kognitif mengalami peningkatan dari siklus I, II dan III dengan persentase ketuntasan hasil belajar masingmasing sebesar 75%, 82,5% dan 95%. Hasil belajar aspek afektif baik siklus I, II maupun III sebesar 100%. Kinerja guru selama proses pembelajaran dari siklus I, II dan III mengalami peningkatan dengan persentase masing-masing sebesar 90%, 90% dan 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan kartu bergambar yang dilengkapi media slide presentation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan di kelas VIIA SMP N I Gemuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu bergambar, slide presentation, hasil belajar, materi organisasi kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 02:57
Last Modified: 06 Sep 2012 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15056

Actions (login required)

View Item View Item