Sintesis Kitosan-Bentonit Serta Aplikasinya Sebagai Penurun Kadar Insektisida Jenis Diazinon


Eka.Hartanti, 4350407021 (2012) Sintesis Kitosan-Bentonit Serta Aplikasinya Sebagai Penurun Kadar Insektisida Jenis Diazinon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis Kitosan-Bentonit Serta Aplikasinya Sebagai Penurun Kadar  Insektisida Jenis Diazinon] Microsoft Word (Sintesis Kitosan-Bentonit Serta Aplikasinya Sebagai Penurun Kadar Insektisida Jenis Diazinon) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Penelitian mengenai sintesis kitosan-bentonit dan aplikasinya sebagai penurun kadar insektisida diazinon telah dilakukan. Sintesis kitosan-bentonit dilakukan dengan variasi massa kitosan-bentonit 1:1, 1:2, 2:1. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik dari sintesis kitosan dengan bentonit, mengetahui efektivitas kitosan-bentonit dalam proses penurunan kadar diazinon. Karakterisasi kitosan-bentonit dilakukan dengan XRD dan FTIR. Sintesis kitosan-bentonit dilakukan dengan merendam bentonit aquades selama 24 jam, lalu bentonit disaring dengan penyaring vakum. Padatan yang diperoleh direndam dalam larutan CaCl2 1 M kemudian disaring. Padatan yang diperoleh merupakan Ca-Bentonit. Proses selanjutnya adalah melarutkan 5 g kitosan ke dalam 500 mL asam asetat 2% kemudian mencampurnya dengan 5 g bentonit. Campuran diaduk konstan selama 2 jam pada suhu 25°C dengan pH larutan diatur pada pH 4. Kemudian mendiamkan larutan selama 0,5 jam pada suhu 25°C. Menyaring kitosan-bentonit kemudian mencucinya dengan aquademin hingga netral lalu mengeringkannya pad suhu 40°C. Adsorpsi diazinon dilakukan dengan variasi waktu kontak dan konsentrasi untuk mengetahui kondisi maksimal yang diukur dengan Uv-vis. Hasil Sintesis kitosan bentonit 1:1 menunjukkan adanya vibrasi ulur dari N-H (amina) pada bilangan gelombang 3749,62 cm-1 yang berarti kitosan telah menempel pada permukaan bentonit. Hasil sintesis kitosan-bentonit 1:2 dan juga 2:1 muncul bilangan gelombang yang hampir mirip dengan Ca-Bentonit yaitu kisaran 794,67 cm-1 untuk vibrasi Mg-Al-OH juga 1041, 50 cm-1 yang menunjukkan vibrasi ulur dari Si-O.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sintesis, kitosan-bentonit, adsorpsi, diazinon
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 02:45
Last Modified: 06 Sep 2012 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15052

Actions (login required)

View Item View Item