Peningkatan Keterampilan Berbicara Tematik dengan Metode Komunikatif pada Siswa Kelas XA MAN Kendal Tahun Ajaran 2010/2011


Ahmad Yahya , 2303407021 (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Tematik dengan Metode Komunikatif pada Siswa Kelas XA MAN Kendal Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Berbicara Tematik dengan Metode Komunikatif pada Siswa Kelas XA MAN Kendal Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Berbicara Tematik dengan Metode Komunikatif pada Siswa Kelas XA MAN Kendal Tahun Ajaran 2010/2011) - Submitted Version
Download (840kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam rangka mengembangkan kemampuan berbahasa asing, dalam hal ini bahasa Arab. Metode yang digunakan harus mampu bisa membuat siswa tertarik dan senang dalam proses pembelajaran. Hal inilah yang disinyalir masih jarang atau bahkan tidak dilaksanakan sama sekali oleh beberapa sekolah yang mengajarkan bahasa Arab. Dari sinilah muncul beberapa masalah yang menjadi akibatnya, antara lain : siswa tidak menyukai pelajaran bahasa Arab karena pembelajaran yang monoton, atau siswa merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa Arab, khususnya berbicara bahasa Arab. Hal seperti ini juga dialami oleh siswa kelas XA MAN Kendal. Pembelajaran yang kurang variatif dan kreatif begitu juga penggunaan metode yang tidak inovatif, merupakan penyebab utama atas rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara menggunakan bahasa Arab. Salah satu upaya yang dapat dijadikan alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan penerapan metode komunikatif dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan berbicara melalui aktivitas berbicara tematik. Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana peningkatan keterampilan berbicara tematik pada siswa kelas XA MAN Kendal dengan metode komunikatif, dan 2) bagaimana respon dan minat belajar siswa kelas XA MAN Kendal pada mata pelajaran bahasa Arab dengan penerapan metode komunikatif. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, disimpulkan bahwa metode komunikatif benar-benar mampu meningkatkan keterampilan berbicara tematik siswa secara signifikan. Peningkatan sebesar 26,55 dengan prosentase peningkatan sebesar 51,74%. Nilai rata-rata siklus I sebesar 51,31. Sedang nilai rata-rata siklus II sebesar 77,86. Siswa juga menunjukkan perubahan perilaku ke araf positif, siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran bahasa Arab, semakin menyukai pelajaran bahasa Arab dan lebih berani dalam berbicara menggunakan bahasa Arab, baik kepada temannya sendiri maupun kepada guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, tematik, metode komunikatif.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 14 Apr 2011 06:18
Last Modified: 25 Apr 2015 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item