Pengaruh Model Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rembang


Zulfia Rakhmawati, , 4301408058 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rembang] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Rembang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran Three Stay Two Stray berbasis Inquiry agar setiap siswa berperan aktif dalam pembelajaran yang selanjutnya dilihat pengaruhnya terhadap hasil belajar pada materi larutan penyangga dan hidrolisis.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelompok eksperimen menggunakan Pembelajaran Three Stay Two Stray Berbasis Inquiry, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis tahap awal menunjukkan bahwa, populasi berdistribusi normal, homogenitas dan kesamaan keadaan awal populasi sama. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol yaitu masing-masing sebesar 84,10 dan 74,28. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar thitung (3,53) > ttabel (1,67), sehingga disimpulkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Uji korelasi diperoleh harga koefisien biserial sebesar 0,5336, sehingga korelasi dikatgorikan dalam kategori sedang. Ketuntasan belajar pada kelas eksperimen sebesar 93,10% sedangkan kelas kontrol sebesar 78,57%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran three stay two stray berbasis inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga dan hidrolisis dengan memberikan kontribusi sebesar 28,47%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Three Stay Two Stray, Inquiry,hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 01:46
Last Modified: 06 Sep 2012 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item