Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Materi Pokok Hidrokarbon

Siti.Khotijah,, 4301408036 (2012) Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Materi Pokok Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kaliwungu lima tahun terakhir pada materi hidrokarbon tidak maksimal dan belum mencapai ketuntasan belajar klasikal. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan kurang tepat. Penulis menerapkan pembelajaran TTW berbasis CTL dengan harapan hasil belajar siswa dapat meningkat dan mencapai ketuntasan belajar. Pembelajaran ini akan membimbing siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan tiga tahap belajar yaitu think, talk, write, kemudian menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar kontribusi pembelajaran TTW berbasis CTLterhadap hasil belajar serta ketuntasan belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XE sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran TTW berbasi CTL dan kelas XD sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil analisis menunjukkan data hasil belajar berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varians yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan besarnya koefisien korelasi biserial hasil belajar siswa (rb) sebesar 0,520 yang menunjukkan korelasi sedang. Besar kontribusi pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa sebesar 27%. Kelas eksperimen maupun kontrol telah mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan persentase masing-masing sebesar 85,71% dan 94,29%. Hasil analisis data menunjukkan, rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 78,6 dan kelas kontrol 70,8. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen juga lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran TTW berbasis CTL berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu. Pembelajaran TTW berbasis CTL perlu dicoba sebagai alternatif pembelajaran kimia. Guru harus aktif, kreatif dan inovatif dalam membimbing siswa pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, TTW, CTL, Hasil Belajar Kimia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 20:49
Last Modified: 05 Sep 2012 20:49

Actions (login required)

View Item