Analisis Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Dari Guru dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia


Yuliana Putri Nugraheni, 4301408026 (2012) Analisis Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Dari Guru dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Dari Guru dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia] Microsoft Word (Analisis Soal Ulangan Umum Semester Ganjil Dari Guru dan Dinas Pendidikan Bidang Studi Kimia) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu langkah penting dalam pendidikan yang dapat menentukan arah kebijakan pendidikan selanjutnya. Berlakunya KTSP mengakibatkan pembuatan tes sebagai alat evaluasimenjadi beragam. Diantaranya dibuat oleh Guru dan MGMP. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas soal Ulangan Umum Semester Ganjil dari Guru dan Dinas Pendidikan, khususnya pada Bidang Studi Kimia. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil sampel soal dari 2 kabupaten yang berbeda, yaitu kabupaten Semarang (Ungaran) untuk soal dari guru dan kabupaten Pemalang untuk soal MGMP. Tiap-tiap kabupaten diambil 2 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yaitu dengan mengambil sampel soal dan jawaban siswa untuk kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk soal kelas X, kualitas antara soal dari Guru dan dari Dinas Pendidikan cukup berimbang. Soal dari Guru baik untuk kode Ungaran 1 maupun Ungaran 2 tidak memenuhi kriteria validitas isi ,validitas butir, tingkat kesukaran, daya beda, objektifitas, dan keekonomisan. Reliabilitas terpenuhi oleh soal Ungaran 1, sedagkan Ungaran 2 hanya soal uraian saja yang reliabel. Praktikabilitas juga hanya terpenuhi oleh soal Ungaran 1. Soal dari MGMP untuk kode Pemalang 1 dan Pemalang 2 memenuhi kriteria validitas isi, objektifitas, dan keekonomisan namun tidak memenuhi kriteria validitas butir, reliabilitas, daya beda, dan praktikabilitasnya. Pada soal kelas XI, hasil yang sama untuk soal dari Guru dan MGMP diperoleh pada kriteria daya beda, objektifitas, dan keekonomisan yang seluruhnya terpenuhi. Selain itu juga pada validitas butir dimana semua soal tidak memenuhi kriteria 75% butir valid. Sedangkan untuk validitas isi, soal dari MGMP memenuhi kriteria, sementara untuk soal dari Guru tidak memenuhi kriteria. Hasil analisis reliabilitas juga bervariasi dimana soal dari guru dengan kode Ungaran 1 dan soal dari MGMP pada Pemalang 1 reliabel. Sementara soal pilihan ganda Ungaran 2 dan Pemalang 2 tidak reliabel. Soal uraian yang hanya terdapat pada soal dengan kode Ungaran 2 reliabel. Analisis tingkat kesukaran, menunjukkan hanya ada satu kode soal yaitu soal buatan guru dari Ungaran 2 yang memenuhi criteria tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa soal buatan Guru dan Dinas Pendidikan untuk bidang studi kimia belum memiliki kualitas yang baik sebagai soal ulangan umum. Kedua jenis soal itu masih memerlukan cukup banyak revisi untuk dapat disebut sebagai soal yang berkualitas. Disarankan untuk pembuatan soal selanjutnya dilakukan dengan menggabungkan kedua jenis soal tersebut yang dapat dilakukan dengan menyerahkan pembuatan soal kepada guru namun dengan menggunakan kisi- kisi yang telah disusun bersama oleh tim MGMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis; kualitas soal; reliabilitas ; soal dari guru ; soal dari Dinas Pendidikan ; validitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:43
Last Modified: 06 Sep 2012 00:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15033

Actions (login required)

View Item View Item