Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Siswa Kelas XI


Dahlia. Kusumaningtyas, , 4301408012 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Siswa Kelas XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Siswa Kelas XI] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Hidrolisis Siswa Kelas XI) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 1 Prambanan Kabupaten Sleman tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining tanpa Snowball Throwing. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 79,35 sedangkan kelompok kontrol sebesar 68,65. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,55 dan koefisien determinasi sebesar 29,94% dengan kriteria pengaruh sedang. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Snowball Throwing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Facilitator and Explaining, Snowball Throwing, dan Materi Hidrolisis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 07:34
Last Modified: 06 Sep 2012 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15029

Actions (login required)

View Item View Item