Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni Pada Materi Pokok Hidrokarbon


H Amalana,, 4301408009 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni Pada Materi Pokok Hidrokarbon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni Pada Materi Pokok Hidrokarbon] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Modul QT-Bilingual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kedungwuni Pada Materi Pokok Hidrokarbon) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT(Quantum Teaching)-bilingual terhadap hasil belajar siswa, besar pengaruhnya, dan respon siswa. Penelitian ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan pemilihan model pembelajaran menyenangkan dan efektif meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Desain penelitian adalah true experimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kedungwuni tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kemudian diperoleh dua sampel, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT-bilingual dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji t jika syarat uji t terpenuhi. Hasil analisis data menunjukkan thitung (3,41) > ttabel (2,00), hal ini berarti bahwa model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT-bilingual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh mencapai kriteria sedang sesuai dengan koefisien korelasi sebesar 0,54 dan koefisien determinasi sebesar 29,16%. Persentase rerata nilai psikomotorik siswa kelas eksperimen dan kontrol sebesar 87,05% dan 79,80%. Persentase rerata nilai afektif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 92,79% dan 89,93%. Respon siswa sangat baik terhadap model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT-bilingual. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT-bilingual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh mencapai kriteria sedang, kontribusi sebesar 29,16%, dan siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran quantum teaching berbantuan modul QT-bilingual dengan penilaian sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching, Modul QT-Bilingual, : hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:29
Last Modified: 06 Sep 2012 00:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15027

Actions (login required)

View Item View Item