Penentuan Tebal Paruh Bahan (HVL) Alumunium dengan Radiografi Digital


Reddy, Rider Soeseno, , 4250404020 (2011) Penentuan Tebal Paruh Bahan (HVL) Alumunium dengan Radiografi Digital. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penentuan Tebal Paruh Bahan (HVL) Alumunium dengan Radiografi Digital ] Microsoft Word (Penentuan Tebal Paruh Bahan (HVL) Alumunium dengan Radiografi Digital ) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengukuran Tebal Paruh Bahan (HVL) Alumunium dengan Radiografi Digital. Pengukuran dilakukan pada citra hasil pemotretan menggunakan pesawat sinar-X di laboratorium Fisika Inti UNDIP Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan tebal paruh bahan alumunium dan menguji validitas teknik radiografi digital yang digunakan. Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui validitas metode radiografi digital dalam menetukan HVL bahan. Dari hasil analisis citra stepwedge diperoleh koefisien serap alumunium sebesar 0,54 cm-1 dan Tebal Paruh bahan sebesar 1,28 cm. Nilai HVL alumunium hasil analisis regresiberbeda secara signifikan dengan referensi sedangkan hasil analisis grafik cukup mendekati. Oleh Sebab itu hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik radiografi digital dapat dipakai untuk menentukan HVL bahan. Sebagai saran, lakukan penelitian ulang dengan menggunakan instrumen yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sinar-X, HVL, Stepwedge, Radiografi Digital.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2012 00:07
Last Modified: 06 Sep 2012 00:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item