Analisis Pertanyaan dan Soal-Soal Latihan Buku Ajar Fisika SMP di Kota Semarang


Nurohmat, 4201404066 (2009) Analisis Pertanyaan dan Soal-Soal Latihan Buku Ajar Fisika SMP di Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Pertanyaan dan Soal-Soal Latihan Buku Ajar        Fisika SMP di Kota Semarang] Microsoft Word (Analisis Pertanyaan dan Soal-Soal Latihan Buku Ajar Fisika SMP di Kota Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas pertanyaan dan soal-soal latihan buku ajar Fisika SMP di kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas pertanyaan dan soal-soal latihan yang ada dalam buku ajar Fisika SMP di kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini berupa buku-buku ajar Fisika SMP kelas VII, VIII, dan IX yang dipakai dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) di kota Semarang. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif persentase (DP), sedangkan aspek-aspek yang diteliti meliputi keterkinian , merangsang keingintahuan siswa, kesesuaian dengan perkembangan siswa, komunikatif, menumbuhkan daya saing, dan koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kualitas buku ajar Fisika yang banyak digunakan dalam PBM di Semarang diperoleh sebesar 84,01%. Kualitas soal di dukung oleh aspek : keterkinian (95,63 %), merangsang keingintahuan siswa (58,24%), sesuai dengan perkembangan siswa (83,36%, komunikatif (92,63%), menumbuhkan daya saing (77,30%), dan koherensi (96,92%). Hasil ini menunjukkan bahwa buku ajar Fisika SMP di kota Semarang sudah baik, sehingga dapat digunakan oleh guru maupun siswa. Buku yang diterbitkan oleh Pekmot Kota Semarang pertanyaan dan soal-soal latihan memiliki jumlah yang sedikit dibandingkan buku yang diterbitkan oleh Erlangga. Namun demikian, masih terdapat beberapa kesalahan dalam kaidah penulisan pertanyaan dan soal-soal latihan, misalnya gambar, ilustrasi, penggunaan bahasa, serta istilah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: K buku, pertanyaan, soal-soal latihan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:06
Last Modified: 05 Sep 2012 09:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item