Efektivitas Model Reciprocal Teaching pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Peserta Didik SMP Materi Pokok Bangun Datar

Diana, Awwaliyati, , 41014080137 (2012) Efektivitas Model Reciprocal Teaching pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Peserta Didik SMP Materi Pokok Bangun Datar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif yang kurang seperti lemahnya memulai ide, melihat hubungan yang baru atau tidak diduga sebelumnya, kemampuan memformulasikan konsep yang tidak sekedar menghafal, menciptakan jawaban dan mendapatkan pertanyaan baru untuk soal yang ada. Menumbuhkan disposisi matematis seperti rasa ingin tahu terhadap matematika, kecenderungan yang kuat untuk belajar matematika serta berperilaku positif dalam menghadapi masalah matematis.Reciprocal teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan agar pembelajaran tercapai melalui kegiatan belajar mandiri dan peserta didikmampu menjelaskan temuannya kepada pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif menggunakan model reciprocal teaching dapat melebihi KKM; mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatifdan disposisi matematis dengan model reciprocal teaching lebih baik dibandingkan yang diajar dengan model konvensional; dan mengetahui adakah pengaruh positif disposisi matematis pada model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMP N 3 Patebon. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom sampling dan terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only group design.Cara pengambilan data dengan metode tes dan metode angket. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini: (1)rata-rata nilaikemampuan berpikir kreatifpesrta didik dengan menggunakan model reciprocal teaching dapat melebihi kriteriaketuntasan minimal; (2) kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; (3) disposisi matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol; dan (4) adanya pengaruh positif disposisi matematis pada model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif. Pada uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi Y ̂=4,590+0,958XdanR^2=0,785, artinya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 78,5%. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis peserta didik pada model pembelajaran reciprocal teaching dapat menggunakan latihan soal yang mengacu pada open-ended.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis; Efektivitas; Kemampuan Berpikir Kreatif; Model Reciprocal teaching.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:40
Last Modified: 05 Sep 2012 04:40

Actions (login required)

View Item