Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok SegiempatKelas VII Semester II SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009


Faridah, 4101405543 (2009) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok SegiempatKelas VII Semester II SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok SegiempatKelas VII Semester II SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) Berbantuan Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok SegiempatKelas VII Semester II SMP N 3 Ungaran Tahun Ajaran 2008/2009) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Sampai saat ini masih banyak ditemui kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep pada mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak. Kesulitan tersebut juga dialami pada siswa SMP N 3 Ungaran, hal ini ditunjukan masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pembelajaran kooperatif dapat mendorong siswa bekerja sama sehingga lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan ide yang dimiliki. Media pembelajaran juga dapat menjelaskan konsep abstrak menjadi lebih kongkret. Segiempat adalah salah satu materi yang bersifat abstrak. Pembelajaran dengan model (STAD) dengan Microsoft Power Point merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa lebih memahami materi segiempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran STAD dengan Microsoft Power Point dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan model pembelajaran STAD Berbantuan media Microsoft Power Point. Penelitian ini mengkaji implementasi model pembelajaran STAD dengan Microsoft Power Point terhadap ketuntasan belajar serta membandingkannya terhadap model pembelajaran TPS pada materi pokok yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 3 Ungaran. Dengan teknik random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa 82,35% siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Microsoft Power Point tuntas dalam pelajaran matematika dengan rata-rata 76,76 dan pada kelas yang diajar menggunakan model TPS diperoleh hasil 67,64% dengan rata-rata 69,11. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan Microsoft Power Point lebih baik dari siswa yang diajar dengan TPS di SMP N 3 Ungaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dengan Microsoft Power Point efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP N 3 Ungaran pada materi yang berkaitan dengan keliling dan luas segiempat. Model pembelajaran STAD dengan Microsoft Power Point dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions (STAD), Microsoft Power Point , Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 03:27
Last Modified: 05 Sep 2012 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item View Item