Keefektifan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapain Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII.
Ilining Uswatuun Khasanah, 4101405537 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapain Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan CD Pembelajaran Interaktif Terhadap Pencapain Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII.)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah melalui penerapan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif pencapaian hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi datar dapat memenuhi nilai KKM, (2) lebih baik manakah pencapaian hasil belajar siswa model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif dibandingkan dengan tanpa CD interaktif pada materi bangun ruang sisi datar, (3) apakah ada peningkatan aktivitas pada penerapan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif pencapaian hasil belajar siswa materi dapat memenuhi nilai KKM yaitu lebih dari atau sama dengan 65, mengetahui lebih baik manakah pencapaian hasil belajar siswa model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif dibandingkan dengan tanpa CD interaktif pada materi pokok bangun ruang sisi datar dan mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas guru maupun siswa pada pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2008/2009. Pengambilan kelas sebangai sampel menggunakan teknik random sampling. Dua kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif dan VIIIC sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran CTL tanpa CD interaktif. Berdasarkan perhitungan uji ketuntasan dengan program SPSS didapat nilai Sig = 0,000 < 0,05 yang menunjukkan hasil belajar siswa model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif lebih dari atau sama dengan 65. Berdasarkan perhitungan uji beda rata-rata didapat nilai Sig(2-tailed) = 0,047 < 0.05 yang menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif lebih dari rata-rata hasil belajar siswa tanpa CD pembelajaran interaktif. Selanjutnya berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa masing-masing mengalami peningkatan presentase di setiap petemuan hingga 70% dan 72,5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) melalui penerapan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif pencapaian hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi datar dapat memenuhi nilai KKM, (2) pencapaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran CTL berbantuan CD interaktif lebih baik dibanding dengan tanpa CD interaktif (3) Terjadi peningkatan aktivitas guru maupun siswa pada pembelajaran CTL dengan CD interaktif. Saran yang dapat diajukan adalah implementasi model pembelajaran CTL dengan CD interaktif dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk menarik minat sekaligus mencapai hasil belajar yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 03:09 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 03:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14962 |
Actions (login required)
View Item |