Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang)
Senja. Pratama, , 3501408003 (2012) Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang) )
- Published Version
Download (16kB) |
Abstract
Kepercayaan menjadi salah satu bentuk keyakinan yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Dunia perbankan memiliki keterkaitan yang sangat erat terhadap konsumennya, karena hubungan antara perbankan dan nasabah merupakan satu kesatuan. Dengan kata lain kedua komponen tersebut saling membutuhkan. Oleh sebab itu, bank harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya sehingga terjalin hubungan baik yang akhirnya menumbuhkan rasa percaya diantara kedua belah pihak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana profil perbankan syariah mandiri dan bagaimana profil nasabah bank syariah mandiri? 2) bagaimana strategi yang ditempuh Bank Syariah Mandiri untuk meningkatkan kepercayaan Masyarakat? 3) bagaimana bentuk kepercayaan mansyarakat terhadap perbankan Syariah Mandiri? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui profil Bank Syariah dan nasabah Bank Syariah Mandiri? 2) mengetahui upaya yang ditempuh oleh Perbankan syariah Mandiri untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat. 3) mengetahui bentuk kepercayaan masyarakat terhadap Bank Syariah Mandiri Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di kantor Perbankan Syariah Mandiri KCP Seemarang Timur Ruko Jl. Majapahit No 339 Kav. A. Gemah, Pedurungan, Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang. 3 orang dari Pihak Bank Syariah Mandiri, 5 orang nasabah Bank Syariah Mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan teknik triangulasi data. Teknik analisis data mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kepercayaan masyarakat terhadap bank syariah nampak pada banyaknya bank syariah yang saat ini menyebar luas ke daerah–daerah. Perkembangan perbankan syariah di Indonesia telah menjadi tolok ukur keberhasilan eksistensi ekonomi syariah di tngah-tengah masyarakat. Simpulan dari hasil penelitian adalah sebagai berikut, Pertama dengan menggunakan strategi menjalin hubungan dengan nasabah secara efektif dan efisien kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah yang mengakibatkan kepercayaan masyarakat meningkat selain itu kepercayaan nasabah memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Ini merupakan bentuk dari stimulus respon akan diulang-ulang jika dirasa bermanfaat atau menguntungkan. Situasi lingkungan menyebabkan timbulnya suatu dorongan batin untuk berbuat, yaitu drive (D), dalam dirinya yang sebaliknyamengakibatkan reaksi, atau response (R). reaksi ini berupa suatu perbuatan tertentu seperti berulang-ulang melakukan transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Kedua bentuk kepercayaan masyarakat terhadap perbankan syariah melalui pandangan subjek tentang perbankan syariah memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan bank konvensional, dengan adanya bank syariah dengan konsep bank Islam dengan produk pembiayaan yang bersyarat mudah dan cepat pemrosesannya Bank Syariah Mandiri cabang Semarang Timur mampu menyebarkan hasil-hasil pembangunan secara otomatis kepada masyarakat lapisan bawah seperti hal nya pembiayaan usaha mikro dan produk pembiayaan gadai emas bagi kalangan kecil dan menengah, ini sesuai dengan teori yang digunakan yaitu trickle down effect. Saran yang dapat dikemukakan penulis antara lain. Pertama hendaknya bank tetap mempertahankan layanan yang sesuai dengan harapan nasabah sehingga konsumen tetap memilih bank syariah sebagai altenatif utama dalam menabung. Kedua, piihak bank harus dapat membuktikan secara nyata dalam hal fasilitas (tangibles) seperti tempat duduk dan ruangan yang nyaman, serta sejuk, ventilasi udara yang memadai serta adanya informasi yang lengkap tentang bentuk pelayanan yang dapat dilayani pihak Bank Syariah Mandiri.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan, Masyarakat, Perbankan Syariah. |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 01:38 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 01:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14951 |
Actions (login required)
View Item |