Kreativitas Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Kartu Soal di Kelas VII SMP N 2 Jatibarang, Brebes Materi Hubungan Antar Sudut
Laeli Rahmawati, 4101408025 (2012) Kreativitas Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Kartu Soal di Kelas VII SMP N 2 Jatibarang, Brebes Materi Hubungan Antar Sudut. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Kreativitas Siswa pada Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Berbantuan Kartu Soal di Kelas VII SMP N 2 Jatibarang, Brebes Materi Hubungan Antar Sudut)
- Published Version
Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan kartu soal dapat mencapai KKM, apakah pembelajaran dengan model sinektik berbantuan kartu soal dapat meningkatkan kreativitas siswa, dan apakah kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan kartu soal lebih baik daripada kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jatibarang, Brebes. Sampel penelitian yang terpilih dengan teknik cluster random sampling yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan kartu soal dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data kreativitas dan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes uraian. Sedangkan metode analisis data menggunakan uji-z dan uji-t. Berdasarkan uji proporsi diperoleh dan sehingga . Ini berarti presentase ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen lebih besar dari 75%. Perbedaan yang signifikan antara kreativitas awal siswa dan kreativitas akhir siswa juga ditunjukkan dengan nilai . Selain itu kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran sinektik lebih baik daripada kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran ekspositori dilihat dari . Kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan kartu soal dapat mencapai KKM, model pembelajaran sinektik berbatuan kartu soal dapat meningkatkan kreativitas siswa dan kreativitas siswa menggunakan model pembelajaran sinektik berbantuan kartu soal lebih baik daripada kreativitas siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Saran yang perlu diperhatikan, dalam menerapkan model pembelajaran sinektik dengan bantuan kartu soal, guru perlu memperhatikan waktu, kinerja siswa dalam kelompok, dan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapatnya agar memperoleh hasil yang lebih baik dalam pembelajaran sinektik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Model Pembelajaran Sinektik, Kartu Soal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 05 Sep 2012 01:31 |
Last Modified: | 05 Sep 2012 01:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14946 |
Actions (login required)
View Item |