Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012


Piza Anjarnawati, , 3401408061 (2012) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar PKn Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu ukuran sumber daya manusia yang berkualitas dan sebagai tolak ukur dalam pencapian tujuan pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, misal lingkungan keluarga yang merupakan tempat pertama siswa mendapat pengajaran dari orang tua, lingkungan sekolah merupakan lembaga pendidikan formal dimana siswa diajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu dan penerapannya di kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran merupakan alat-alat pendukung yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pencapaian hasil belajar setiap siswa tentunya berbeda, oleh sebab itu faktor yang mempengaruhi hasil belajar menarik untuk diteliti. Permasalah yang dikaji adalah: 1) Adakah pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012?, 2) Seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012?, 3) Faktor manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adakah pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012, 2) Seberapa besar pengaruh antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012, 3) Faktor manakah yang memiliki pengaruh dominan dalam mempengaruhi hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahuan Ajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling. Sampel dalam penelian ini berjumlah 80 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, media pembelajaran dan hasil belajar PKn. Data diambil melalui teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas data, analisis korelasi parsial, korelasi ganda, regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil analisis data dengan menggunakan analisis korelasi parsial diperoleh angka korelasi untuk lingkungan keluarga sebesar 0,334, lingkungan sekolah sebesar 0,399 dan media pembelajaran sebesar 0,240. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara parsial lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran memiliki korelasi yang cukup signifikan. Besarnya kontribusi masing-masing variabel terhadap hasil belajar PKn secara parsial, yaitu lingkungan keluarga sebesar 11,83%, lingkungan sekolah sebesar 15,92% dan media pembelajaran sebesar 5,76%. Hasil analisis korelasi berganda diperoleh angka korelasi sebesar 0,991, artinya secara simultan lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran memiliki korelasi yang sangat kuat terhadap hasil belajar PKn. Besarnya kontribusi variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran terhadap hasil belajar PKn secara simultan, yaitu 98,2%. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Ŷ = 3,520+ 0,316X1+ 0,500 X2 + 0,180X3. Hasil analisis korelasi parsial, korelasi berganda dan regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang dominan terhadap hasil belajar PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas X di SMA Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2011/2012 dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan media pembelajaran, yaitu baik secara parsial (sendiri-sendiri) maupun secara simultan (bersama-sama). Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Kepada peneliti lain yang tertarik untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini, disarankan untuk memperluas lingkup penelitian dengan menambahkan faktor lain sebagai variabel yang akan diuji, sehingga dapat memberikan gambaran secara komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar PKn, 2) Kepada sekolah, diharapkan dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, sarana dan prasarana seperti: buku-buku, ruang kelas dan media pembelajaran perlu diperhatikan untuk menunjang belajar siswa, 3) Kepada guru diharapkan dapat menjaga hubungan yang baik dengan siswa, menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, menciptakan atau memanfaatkan media pembelajaran yang ada untuk menumbuhkan minat belajar siswa, 4) Kepada keluarga hendaknya memperhatikan aktivitas belajar, memberikan motivasi, memperhatikan kebutuhan sekolah dan menciptakan suasana rumah yang kondusif untuk belajar siswa/anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Media Pembelajaran, Hasil Belajar PKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 00:20
Last Modified: 05 Sep 2012 00:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14919

Actions (login required)

View Item View Item