Penerapan Problem Based Learning dengan Media LDS Bergambar Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP Al Hadi Sukoharjo.


Henny Oktamalia, 4401405092 (2009) Penerapan Problem Based Learning dengan Media LDS Bergambar Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP Al Hadi Sukoharjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Problem Based Learning dengan Media LDS Bergambar Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP Al Hadi Sukoharjo.]
Preview
PDF (Penerapan Problem Based Learning dengan Media LDS Bergambar Pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMP Al Hadi Sukoharjo.) - Published Version
Download (411kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran di SMP Al Hadi Sukoharjo siswa cenderung pasif. Siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan belajar mandiri adalah problem based learning. Dalam materi Pencemaran Lingkungan ini media gambar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat menarik minat siswa untuk aktif belajar. Gambar disajikan dalam Lembar Diskusi Siswa (LDS) sebagai acuan siswa untuk belajar berdasarkan masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Hadi Sukoharjo pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adalah control group post-test only design. Pada kelas ekperimen pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan media LDS bergambar, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan, pada pertemuan pertama diadakan diskusi kelomopok untuk membahas permasalahan dalam LDS bergambar, pertemuan kedua sebagai pertemuan diskusi dan presentasi kelas, dan pertemuan ketiga sebagai pertemuan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menujukkan ketuntasan hasil belajar siswa 88,57% mencapai KKM (≥ 65). Keaktifan siswa secara klasikal pada pertemuan I = 82,5%, pertemuan II = 85%. Kriteria keaktifan siswa pada kedua pertemuan tergolong aktif, serta lebih dari 80% siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran problem based learning dengan media LDS bergambar. Hasil analisis kinerja guru meningkat, pada pertemuan I = 81,25%, pertemuan II = 83,33%. Kriteria kinerja guru pada kedua pertemuan tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan media LDS bergambar dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Pencemaran Lingkungan di SMP Al Hadi Sukoharjo

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, LDS bergambar, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Mar 2011 02:35
Last Modified: 25 Apr 2015 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item