Pengaruh Metode Outdoor Study dalam Pemanfaatan Situs Plawangan sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas X SMA N 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011/2012


Ririn Mega Sartika, 3101408042 (2012) Pengaruh Metode Outdoor Study dalam Pemanfaatan Situs Plawangan sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas X SMA N 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Metode Outdoor Study dalam Pemanfaatan Situs Plawangan sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas X SMA N 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Metode Outdoor Study dalam Pemanfaatan Situs Plawangan sebagai Sumber Belajar Sejarah terhadap Hasil Belajar Siswa pada kelas X SMA N 1 Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru dapat menerapkan berbagai metode ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa minat, keaktifan dan menghilangkan rasa jenuh dan bosan siswa terhadap pelajaran sejarah saat proses pembelajaran di kelas. Metode Outdoor Study merupakan metode dimana guru mengajak siswa belajar diluar kelas untuk melihat peristiwa langsung dilapangan dengan tujuan mengakrabkan siswa dengan lingkunganya dan situs Plawangan sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Kragan. Masalah dalam penelitian ini : (1) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kragan yang menggunakan metode outdoor study?, (2) bagaimanakah hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kragan yang menggunakan metode ceramah?, (3) adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Kragan yang menggunakan metode outdoor study dan yang menggunakan metode ceramah? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yang menggunakan soal dan angket sebagai alat pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA 1 N 1 Kragan, sementara sampelnya adalah kelas X2 dan X6. Untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil post tes bahwa kelas X2 sebagai kelas eksperimen adalah 86,44 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas X6 sebagai kelas kontrol adalah 76,44. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan, hal ini ditunjukan uji t diperoleh thitung 5,95 > ttabel 1,99 yang berada pada daerah penolakan Ho untuk α = 5% dengan dk = 36+36 - 2 = 70. Simpulan yang didapat adalah (1) Hasil belajar siswa kelas X2 yang menggunakan metode outdoor study memiliki rata-rata nilai sebesar 86,44 dengan kriteria hasil belajar siswa sangat tinggi. (2) Hasil belajar siswa kelas X6 yang menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata nilai sebesar 76,44 dengan kriteria prestasi siswa tinggi. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan metode outdoor study dengan yang menggunakan metode ceramah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru sejarah sebaiknya harus pandai memilih dan menggunakan metode belajar sejarah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Metode Outdoor study dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan metode belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya diadakan kajian yang lebih mendalam lagi mengenai pelaksanaan metode pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Study, Situs Plawangan, Sumber Belajar Sejarah, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 02:12
Last Modified: 04 Sep 2012 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item