Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) serta Kebencanaan sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang

Abdul Rohmad, 3201408045 (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK) serta Kebencanaan sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan bahan ajar cetak yang sering digunakan guru dalam proses belajar mengajar di kelas. LKS yang digunakan umumnya konvensional dengan kandungan materi yang sangat minim, selain itu juga belum dapat mengembangkan aktivitas siswa secara maksimal. LKS berbasis eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK) serta kebencanaan merupakan pilihan yang tepat untuk pelajaran Geografi dan diharapkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Permasalahan penelitian ini adalah LKS Geografi di SMA/MA Kabupaten Rembang belum sesuai dengan EEK serta kebencanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis EEK serta kebencanaan sebagai bahan belajar dan dapat meningkatkan pengetahuan tentang materi hidrosfer siswa SMA/MA di Kabupaten Rembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh LKS Geografi kelas X SMA/MA di Kabupaten Rembang. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini yaitu SMA N 1, 2, 3 Rembang, MAN 1 Rembang dan SMA N 1 Sumber. Variabel penelitian ini berupa kelayakan LKS sebagai bahan ajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penilaian kelayakan LKS berbasis EEK serta kebencanaan oleh lima ahli materi dan bahan ajar memperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat layak menurut penilaian kelayakan bahan ajar BSNP. Rata-rata tanggapan guru terhadap LKS pengembangan memperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat layak menurut penilaian kelayakan bahan ajar BSNP. Rata-rata hasil tanggapan siswa terhadap LKS pengembangan memperoleh persentase sebesar 82% dengan kriteria sangat layak menurut penilaian kelayakan bahan ajar BSNP. Meskipun dikatakan layak LKS pengembangan masih ada masukan masukan dari validator dan responden guna menambah kesempurnaan LKS. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS pengembangan berbasis EEK serta kebencanaan layak digunakan sebagai bahan ajar Geografi kelas X SMA/MA di Kabupaten Rembang. Bagi guru disarankan dapat menerapkan LKS berbasis EEK serta kebencanaan dan dicetak dengan gambar berwarna yang nantinya digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi (EEK), Kebencanaan, Bahan ajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:57
Last Modified: 03 Sep 2012 21:57

Actions (login required)

View Item