Penerapan Model Picture and Picture dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD

Meka Sudesti, 1402408315 (2012) Penerapan Model Picture and Picture dengan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ngaliyan 01. Hal ini ditunjukkan dengan data pencapaian hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SDN Ngaliyan 01 Kota Semarang sebanyak 23 dari 39 siswa nilainya masih di bawah KKM yang di-tetapkan sekolah yaitu ≤ 65. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya me-ningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture dengan media gambar seri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model picture and picture dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa SD kelas V? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pe-ningkatan keterampilan guru dan aktivitas siswa, serta meningkatkan keterampilan menu-lis karangan narasi dalam pembelajaran menulis karangan narasi melalui model picture and picture dengan media gambar seri siswa kelas V SD. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Ngaliyan 01. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan narasi yang ditunjukkan dari ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 85% telah terpenuhi dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Ber-dasarkan penelitian, saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa merasa se-nang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan sebaiknya model picture and pic-ture dengan media gambar seri dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis karangan narasi sehingga dapat me-rangsang dan melatih siswa untuk menuangkan ide atau gagasan ke dalam bahasa tulis serta dapat melatih siswa supaya lebih terampil dalam menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karangan Narasi, Picture and Picture
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 21:41
Last Modified: 03 Sep 2012 21:41

Actions (login required)

View Item