Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor


Tyas Primasari, 1402408265 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas V SDN Bendan Ngisor) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil observasi awal yang dilakukan bersama guru kelas menunjukkan bahwa guru kurang melatihkan kerja sama dan tanggung jawab pada siswa dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan nilai ketuntasan klasikal hanya mencapai 57% dengan KKM 61. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: keterampilan guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bendan Ngisor pada pembelajaran IPA akan meningkat? Pemecahan masalah yang dilakukan untuk rumusan diatas dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT berbasis komputer. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe NHT berbasis komputer Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bendan Ngisor Semarang, meliputi seluruh siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 39 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumen dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru, untuk siklus I diperoleh skor 21, siklus II memperoleh skor 26, dan pada siklus III meningkat menjadi 28. Demikian halnya dengan aktivitas siswa, untuk siklus I diperoleh rata-rata skor 1,93 meningkat 2,66 dan pada siklus III meningkat menjadi 3,06. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, untuk siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 67,88 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 52,55%, sedangkan untuk siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 78,58 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84,60%, dan pada siklus III meningkat rata-rata nilai yang diperoleh siswa 83,84 dengan presentase ketuntasan belajar 89,73%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe NHT berbasis komputer, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan bagi pihak-pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran, agar menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT berbasis komputer, baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Pendekatan kooperatif tipe NHT, Media berbasis komputer
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:24
Last Modified: 04 Sep 2012 01:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14873

Actions (login required)

View Item View Item