Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berindikator SMART pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 01


Agesti Purnaning Putri, 1402408184 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berindikator SMART pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe STAD  Berindikator SMART  pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif Tipe STAD Berindikator SMART pada Siswa Kelas III SDN Karangayu 01) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Berdasarkan refleksi awal dalam pembelajaran IPA di SDN Karangayu 01 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang belum optimal, karena cara mengajar guru dominan ceramah, siswa kesulitan memahami materi,kurang memanfaatkan media dan belum menggunakan pembelajaran kelompok,sehingga mengakibatkan minat belajar siswa rendah..Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Karangayu 01?. Perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran tipe STAD berindikator SMART. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA pada kelas III SD M Karangayu 01 melalui STAD berindikator SMART, (2) meningkatkan aktivitas siswa kelas III SDN Karangayu 01 dalam pembelajaran IPA melalui STAD berindikator SMART, (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Karangayu 01 dalam pembelajaran IPA melalui STAD berindikator SMART. Analisis data nontes dilakukan secara kualitatif sedangkan tes dilakukan secara kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan guru dari kriteria baik dengan skor rata-rata 22,5 pada siklus I menjadi sangat baik dengan skor rata-rata 30,5 pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari kriteria cukup dengan skor 13,7 pada siklus I menjadi baik dengan skor rata-rata 19,3 pada siklus II. Hasil belajar siswa meningkat, dari kondisi awal ketuntasan sebesar 34,3% (13 dari 38 siswa) menjadi 97,4% (37 dari 38 siswa) pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Kesimpulan dari penelitian melalui model kooperatif tipe STAD berindikator SMART dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Saran yang direkomendasikan berdasar hasil penelitian tersebut adalah (1) pada kelas III hendaknya sudah mulai diajarkan belajar secara kelompok, (2)guru dalam membentuk kelompok belajar hendaknya berdasarkan kemampuan siswa, (3) dalam menentukan indikator pembelajaran hendaknya mengandung unsur SMART, (4) guru dalam membuat soal evaluasi menyesuaikan dengan tingkat berpikir siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, STAD, indikator SMART
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:19
Last Modified: 04 Sep 2012 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item View Item