Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati


Husnurrosyidah, 3301405139 (2009) Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah  Negeri 2 Pati] Microsoft Word (Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pemilihan model belajar mengajar merupakan suatu pendekatan yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pengajaran. Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dipandang mampu untuk mengatasi keterbatasan dalam penyampaian pembelajaran karena dapat melatih siswa belajar. Permasalahan penelitian adalah: “Bagaimanakah efektifitas model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar materi akuntansi pokok bahasan jurnal umum kelas XI Ilmu Sosial M.A Negeri 2 Pati?” Tujuan dari penelitian adalah mengetahui efektifitas dari penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar materi akuntansi pokok bahasan jurnal umum kelas XI Ilmu Sosial M.A Negeri 2 Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI M.A Negeri 2 Pati jurusan Ilmu Sosial pada tahun ajaran 2008/2009 sebanyak 4 kelas. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling menghasilkan dua kelas yaitu kelas XI Ilmu Sosial 1 sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas XI Ilmu Sosial 2 sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal umum. Analisis yang digunakan yaitu analisis data awal menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, dan analisis tahap akhir untuk menguji hipotesis digunakan uji t-test. Hasil penelitian diperoleh thitung = 6.41, sedangkan ttabel = 1.66 dengan α = 5% dan dk = 86, karena thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari uji t-test ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol. Rata-rata kelompok eksperimen sebesar 79.48 dan kelompok kontrol sebesar 70.27. Peneliti menyimpulkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan jurnal umum siswa kelas XI Ilmu Sosial M.A Negeri 2 Pati tahun ajaran 2008/2009. Peneliti menyarankan agar model pembelajaran Koperatif Tipe STAD dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:15
Last Modified: 04 Sep 2012 01:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item