Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas II C SDN Kalibanteng Kidul 01


Naralita Kusuma Noviyani, 1402408155 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas II C SDN Kalibanteng Kidul 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas II C SDN Kalibanteng Kidul 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas II C SDN Kalibanteng Kidul 01) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Kalibanteng Kidul 01 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas IIC. Proses pembelajaran berpusat pada guru, siswa kurang aktif, siswa cenderung cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran IPA sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Rumusan masalahnya yaitu apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Based untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IIC SD N Kalibanteng Kidul 01 melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IIC SD N Kalibanteng Kidul 01. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi/pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 25 dengan kategori baik dan pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi skor 32 dengan kategori baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 22,4 dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi skor rata-rata 24,5 dengan kategori baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 75,02 dengan persentase 76,2% siswa tuntas belajar dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,6 dengan persentase 83,3% siswa tuntas belajar. Ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II > 80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Saran dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran dan kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas, pembelajaran IPA, Model Pembelajaran, Problem
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:14
Last Modified: 04 Sep 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14868

Actions (login required)

View Item View Item