Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Karanganyar 01


Dona Ayu Saputri, 1402408013 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Karanganyar 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Karanganyar 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Karanganyar 01) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan IPA merupakan mata pelajaran yang memberikan kesempatan latihan berpikir kritis karena diajarkan untuk merancang percobaan sendiri. Berdasarkan data awal melalui observasi di kelas IV SDN Karanganyar 01 ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru belum maksimal menggunakan keterampilan mengajar berdampak pada rendahnya aktivitas siswa. Suasana terlalu serius, kurang variasi dan inovasi dalam pembelajaran membuat siswa takut dan melakukan aktivitas yang tidak sesuai dengan pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa pelajaran IPA menjadi rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA? (2) Apakah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA? (3) Apakah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui melalui Model PembelajaranKooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Keterampilan guru siklus I dengan persentase 58,3% dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 80,6% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 88,9% dalam kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata skor 23,3 dalam kategori baik, siklus II dengan rata-rata skor 28,5 dalam kategori baik, dan siklus III dengan rata-rata skor 30,1 dalam kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I dengan persentase 65,9% dalam kategori cukup, siklus II dengan persentase 72,7% dalam kategori baik, dan siklus III dengan persentase 86,4% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian tindakan kelas tersebut disimpulkan, bahwa pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Guru diharapkan dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan model atau strategi dan mempersiapkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Group Investigation Berbasis Lingkungan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:09
Last Modified: 04 Sep 2012 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14867

Actions (login required)

View Item View Item