Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 01


Diah Kartikasari, 1402408002 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Media Presentasi Pada Siswa Kelas V SDN Mangkang Kulon 01) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang. Hal ini berdasarkan hasil nilai belajar siswa pada prasiklus yang menunjukkan 55,56% belum tuntas dalam belajar. Hal ini dikarenakan pembelajaran IPA yang selama ini telah dilakukan masih belum optimal. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru tidak biasa menggunakan metode yang bervariasi. Guru tidak menggunakan media atau alat peraga dalam menyampaikan materi pelajaran, dan suasana saat kegiatan pembelajaran belum berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan model Quantum Teaching dengan media presentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media presentasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Mangkang Kulon 01 ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mangkangkulon 01 Semarang, meliputi seluruh siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 36 siswa. Data diperoleh dari hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumen dianalisis dengan cara analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan guru, untuk siklus I diperoleh skor 36 menjadi skor 44 pada siklus II. Pada aktivitas siswa, untuk siklus I diperoleh skor 33,46 menjadi 40,99. Demikian halnya dengan kualitas media, siklus I diperoleh skor 15 menjadi skor 16 pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, untuk siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 69,3 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 65,61%, sedangkan untuk siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 83,47 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media presentasi, merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan bagi pihak-pihak yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran, agar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dengan media presentasi, baik pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Quantum Teaching, Media Presentasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:03
Last Modified: 04 Sep 2012 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item