Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 40 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009


Noer Dwita Intani, 3301405023 (2009) Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 40 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi  Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 40 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 ] Microsoft Word (Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 40 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pembelajaran ekonomi di SMP N 40 Semarang masih menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran masih kurang melibatkan keaktifan siswa.Tingkat pemahaman siswa terhadap konsep materi masih kurang. Dimana masih bamyak siswa yang nilainya kurang dari 65,0 yaitu batas minimal standar ketuntasan belajar (Mulyasa,2003:101).Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 40 Semarang dengan populasi seluruh kelas VIII dan sample diambil dengan cara purposive sampling sehingga terpilih kelas VIII B karena pada kelas tersebut masih banyak yang belum mencapai ketuntasan 65,0.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah ”apakah implementasi penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa pada kelas VIII SMP.N 40 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar ekonomi siswa meliputi kognitif,afektif,dan psikomoorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi,tes, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya terdiri 1) perencanaan 2)pelaksanaan 3) observasi 4) refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan aspek kognitif siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa sebesar 67,69 dan ketuntasan klasikal sebesar 71,79%. Pada siklus II nilai rata-rata 78,48 dan ketuntasan klasikal 94,87%. Aspek afektif pada siklus I nilai rata-rata siswa 74,74 dan ketuntasan klasikal 92,30%. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 81,9 dan ketuntasan klasikal 100%.Aspek psikomotorik pada siklus I nilai rata-rata 71,4 dan ketuntasan klasikal 82,1%.Sedangkan siklus II nilai rata-rata 76,41 dan ketuntasan klasikal 92,31% Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 40 Semarang. Saran yang berkaitan dengan penelitian agar metode pembelajaran kooperatif dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam rangka menambah variasi metode mengajar. Guru lebih bisa mengatur waktu pada saat diskusi agar pembelajaran lebih efektif dan optimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:58
Last Modified: 04 Sep 2012 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14863

Actions (login required)

View Item View Item