Pengaruh Minat Berwirausaha Melalui Proses Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012


Yesi Untary, 1102408034 (2012) Pengaruh Minat Berwirausaha Melalui Proses Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat Berwirausaha Melalui Proses Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Minat Berwirausaha Melalui Proses Pembelajaran Kewirausahaan Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan di SMK Negeri 7 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh proses pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha dan keragaman minat itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bahwa proses pembelajaran kewirausahan sangat berpengaruh terhadap minat siswa untuk berwirausaha dan bidang usaha yang paling di minati siswa. Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti adalah metode deskriptif, dengan jenis studi eksplanatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran tes pembelajaran keewirausahaan dan angket yang mengacu pada minat berwirausaha siswa dan keragaman minat berwirauaha. Analisis data dalam penelitian adalah analisis deskriptif variabel dan uji persyaratan analisis hal ini untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa hal ini berdasarkan kesimpulan bahwa pengaruh hasil pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2011/2012 sebesar 46,00%. Yang ke dua terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran kewirausahaan terhadap keragaman minat berwirausaha siswa.paling banyak di minati adalah usaha perdagangan yaitu sebesar 40,85 % yang masuk dalam kategori tinggi. Sebanyak 23 siswa memilih bidang usaha tersebut, hal ini sangat sesuai dengan jurusan mereka yaitu teknik komputer dan jaringan. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan yang pertama untuk materi pelajaran kewirausahaan tidak hanya teori saja yang diajarkan kepada siswa, akan tetapi siswa juga di terjunkan ke lapangan dan lebih baik lagi di tambah materi praktek. Yang ke dua Diharapkan pihak sekolah memberikan perhatian besar terhadap minat berwirausaha siswa semenjak di berikannya mata pelajaran kewirausahaan sehingga dengan mendapat dukungan dari sekolah, keluarga dan lingkungan siswa sudah memiliki minat sejak dini agar nantinya setelah lulus tidak menjadi beban masyarakat tetapisudah dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat berwirausaha, minat siswa, pembelajaran kewirausahaan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:55
Last Modified: 04 Sep 2012 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item View Item