Pengembangan Media Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran Sains Biologi Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2010/2011


Rafi Saleh Rumana, 1102406046 (2011) Pengembangan Media Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran Sains Biologi Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Media Macromedia  Flash 8 pada Mata Pelajaran Sains Biologi Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengembangan Media Macromedia Flash 8 pada Mata Pelajaran Sains Biologi Kelas VIII Semester II di SMP Negeri 2 Demak Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Demak masih berpusat pada guru (teacher centered), guru masih menggunakan metode ceramah dan guru belum memanfaatkan media yang berbasis komputer, sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut menurut hemat penulis perlu dikembangkan media Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Sains Biologi untuk kelas VIII semester II sebagai salah satu sumber belajar. Metode penelitian yang dipakai adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Demak kelas VIII. pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media Macromedia Flash pada mata pelajaran sains Biologi untuk kelas VIII semester II 8. Data hasil analisis berupa persentase yang kemudian ditransformasikan dalam bentuk kalimat yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji coba media pembelajaran macromedia flash 8 pokok bahasan fotosintesis ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori baik. Hasil analisis angket ahli media adalah sebesar 84,16 (baik), dengan perincian kriteria pendidikan termasuk dalam kategori baik (87,5%), kriteria tampilan termasuk dalam kategori baik (90%), dan kriteria kualitas teknis termasuk dalam kategori cukup baik (75%). Hasil análisis angket yang diisi oleh guru adalah sebesar 86,36 (baik), dengan perincian kriteria pendidikan termasuk dalam kategori baik (87,5%), kriteria tampilan termasuk dalam kategori cukup baik (80%), dan kriteria kualitas teknis termasuk dalam kategori baik (91,6%). Hasil analisis angket yang diisi siswa didapat hasil sebesar 74,58 (cukup baik), dengan perincian kriteria pendidikan cukup baik (73.104%), kriteria tampilan cukup baik (76.74%), kriteria teknis cukup baik (73,91%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media macromedia flash 8 pada mata pelajaran IPA biologi pokok bahasan fotosintesis di kelas VIII SMP Negeri 2 Demak, layak digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan bahwa guru dalam menyampaikan materi sebaiknya disertai dengan media macromedia flash 8, sehingga akan membantu guru dalam menerangkan materi kepada siswa. Dengan demikian, proses pembelajaran akan lebih menarik dan tidak membosankan, bagi peneliti yang ingin mengembangkan media macromedia flash 8 sebaiknya memperhatikan pemilihan warna, kualitas narasi, dan berhati-hati dalam menulis action script agar tidak error ketika dijalankan di komputer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: macromedia flash 8, mata pelajaran sains biologi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:51
Last Modified: 04 Sep 2012 00:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14858

Actions (login required)

View Item View Item