Pengaruh Penggunaan Multimedia Website Interaktif (Intranet E-learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012


Agus W.Rohman,, 3201408093 (2012) Pengaruh Penggunaan Multimedia Website Interaktif (Intranet E-learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Multimedia Website Interaktif   (Intranet E-learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Multimedia Website Interaktif (Intranet E-learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA N 2 Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu dari komponen pembelajaran yang mendukung keberhasilan dalam proses belajar mengajar, karena media merupakan komponen pembelajaran yang berpengaruh pada proses belajar mengajar dan saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Data awal penelitian prestasi belajar siswa semester genap tahun ajaran 2010/2011 diukur dari nilai ujian semester siswa menunjukkan tingkat ketuntasan siswa mencapai 76,67%. Pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dilakukan perubahan media pembelajaran yang sebelumnya menggunakan media video, powerpoint dan gambar menjadi menggunakan multimedia website interaktif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 2 Temanggung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimanakah penggunaan multimedia website interaktif (Intranet e-learning) dalam pembelajaran geografi?; 2). Bagaimanakah hubungan penggunaan multimedia website interaktif (Intranet e-learning) dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1). Mengetahui tingkat penggunaan multimedia website interaktif (Intranet elearning) pada mata pelajaran geografi; 2). Mengetahui hubungan penggunaan multimedia website interaktif (Intranet e-learning) dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksploratif dan korelatif. Populasi penelitian seluruh siswa berjumlah 210 siswa. Pengambilan sampel menggunakan tekhnik Random Sampling yaitu 30 siswa atau 14.3% populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan multimedia website interaktif (e-learning) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar Cheklist, dan dokumentasi. Analisis data untuk menjawab permasalahan pertama menggunakan statistik deskriptif sedangkan untuk menjawab permasalahan kedua menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data diketahui : 1) penggunaan website interaktif di SMA N Temanggung berkategori tinggi. penguasaan penggunaan teknologi berkategori sangat tinggi, Penggunaan website interaktif dalam proses belajar mengajar berkategori tinggi. Persepsi pengguna dalam penggunaan sistem website e-learning berkategori tinggi atau dapat diartikan mudah digunakan . Manfaat yang dirasakan dari penggunaan sistem website e learning berkategori tinggi atau dapat diartikan berkategori bermanfaat. Sikap pengguna terhadap penggunaan website e learning berkategori tinggi atau dapat diartikan bahwa multimedia website interaktif diterima sebagai media pembelajaran. Kecenderungan tingkah laku dari penggunaan sistem website e learning berkategori tinggi 2) pengaruh penggunaan multimedia website interaktif menggunakan analisis korelasi product moment diperoleh r_(hitung )= 0.457 > r_tabel = 0.361 maka penggunaan multimedia website interaktif (e-learning) mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa. Besarnya pengaruh berdasarkan panduan interpretasi koefisien korelasi berada pada kategori sedang, sehingga dapat diketahui penggunaan multimedia website interaktif mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruhnya sedang. Saran dalam penelitian ini adalah 1). Guru harus memotivasi siswa untuk tetap menggunakan miultimedia website interaktif, karena dalam penelitian diketahui bahwa motivasi siswa untuk tetap menggunakan berkategori rendah.; 2). Bagi Sekolah, perlu adanya penambahan peralatan penunjang multimedia website interaktif, karena sebagian siswa tidak bisa mengakses jaringan intranet wifi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Website Interaktif, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 04:39
Last Modified: 03 Sep 2012 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14842

Actions (login required)

View Item View Item