Profil Potensi Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri Plawangan 2 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2010


Lilik Sugiarto, 6301407061 (2011) Profil Potensi Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri Plawangan 2 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Profil Potensi Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri Plawangan 2 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2010] Microsoft Word (Profil Potensi Bakat Siswa Sekolah Dasar Negeri Plawangan 2 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun 2010) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana potensi gerak olahraga anak usia dini siswa Sekolah Dasar Plawangan 2 kecamatan Kragan Kabupaten Rembang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi gerak olahraga anak usia dini siswa sekolah dasar di kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di kecamatan Kragan kabupaten Rembang yang ikut dalam tes penelusuran potensi daerah untuk pembinaan olahraga usia dini tahun 2010 berjumlah 100 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, dengan cara sampel di ambil secara random dari siswa Sekolah Dasar Negeri Plawangan 2 Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang sejumlah 100 siswa. Dalam penelitian ini hanya meneliti satu variabel yaitu potensi bakat gerak olahraga siswa sekolah dasar di kecamatan Kragan kabupaten Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey test, dengan rumus presentase yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek. Berdasarkan analisis deskriptif prosentase, didapatkan hasil sebagai berikut: siswa putra yang memiliki potensi bakat gerak olahraga dengan kriteria baik sekali sebanyak 17 siswa atau 31 %, kriteria baik sebanyak 10 siswa atau 18 %, kriteria sedang sebanyak 4 siswa atau 7 %, kriteria kurang sebanyak 13 siswa atau 24 %, kriteria kurang sekali sebanyak 11 siswa atau 20 %. siswa putri yang memiliki potensi bakat gerak olahraga dengan kriteria baik sekali sebanyak 10 siswa atau 22 %, kriteria baik sebanyak 6 siswa atau 13 %, kriteria sedang sebanyak 2 siswa atau 4 %, kriteria kurang sebanyak 24 siswa atau 53 %, kriteria kurang sekali sebanyak 3 siswa atau 7 %. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, bahwa potensi bakat gerak olahraga Siswa Putra dikatakan baik, sedangkan Siswa Putri potensi bakat gerak olahraganya sangat kurang. Saran; 1) Hendaknya metode tes ini dapat sering digunakan dalam proses pembelajaran gerak di sekolah dasar maupun di club-club junior, karena tes ini dapat membantu mengidentifikasi cepat atau tidaknya kemampuan seseorang dalam mempelajari suatu gerakan baru, Sehingga akan dapat diketahui potensi bakat gerak yang dimiliki seseorang sedini mungkin. 2) Hendaknya penelitian-penelitian semacam ini tidak berhenti sampai disini dan dapat dilanjutkan ke penelitian lainnya yang mendukung, misalnya Sport search ataupun tes bakat lainnya, sehingga pembina maupun pelatih dapat mengambil langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk menemukan bibit dan melakukan pemanduan bakat terhadap atlet yang berpotensi dan berbakat dalam cabang olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 02:46
Last Modified: 03 Sep 2012 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item