Pengembangan Model Permainan Bolabasket Mini Satu Ring Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas VII SMP N 3 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012

Aan Faqih Saputra, 6101408257 (2012) Pengembangan Model Permainan Bolabasket Mini Satu Ring Dalam Pembelajaran Penjasorkes Bagi Siswa Kelas VII SMP N 3 Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bolabasket melalui permainan bolabasket mini satu ring bagi siswa Sekolah Menengah Pertama dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka,(2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bola basket), (3) evaluasi ahli yaitu menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran penjasorkes Sekolah Menengah Pertama, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) uji coba lapangan, yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan (5) revisi produk akhir , revisi produk akhir dilakukan setelah melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 81,67 % (baik), ahli pembelajaran I 93,33 % ( sangat baik), ahli pembelajaran II 93,33 % (sangat baik), dari uji coba kelompok kecil didapat hasil denyut nadi rata-rata sebelum melakukan permainan bolabasket109 permenit kemudian rata-rata denyut nadi setelah melakukan permainan adalah 145 permenit, hasil kuesioner uji coba kelompok kecil rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 95,16% (sangat baik), dan uji lapangan didapat denyut nadi rata-rata sebelum melakukan permainan 117 permenit, sedangkan rat-rata denyut nadi setelah melakukan permainan sebesar 135 permenit. Dari rata-rata kuesioner uji coba lapangan didapat rata-rata persentase pilihan jawaban yang sesuai 95,18 % (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan bola basket ini dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP N 3 Pati Kabupaten Pati.Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama untuk menggunakan produk model pembelajaran permainan bola basket mini satu ring pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Model Bolabasket; Mini Satu Ring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 22:30
Last Modified: 02 Sep 2012 22:30

Actions (login required)

View Item