Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) Terhadap Status Gizi Balita Gizi Kurang (Studi Kasus di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang Tahun 2012)


Nur Shabrina Qisthy Syadzswana, 6450408040 (2012) Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) Terhadap Status Gizi Balita Gizi Kurang (Studi Kasus di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang Tahun 2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) Terhadap Status Gizi Balita Gizi Kurang (Studi Kasus di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang Tahun 2012)] Microsoft Word (Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) Terhadap Status Gizi Balita Gizi Kurang (Studi Kasus di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang Tahun 2012)) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Puskesmas Gayamsari merupakan wilayah kerja dengan kasus gizi kurang tertinggi di Kota Semarang dengan prevalensi 4,04% tahun 2011, sedangkan angka cakupan PMT-P balita gizi kurang Kota Semarang mengalami penurunan dari 60,35% menjadi 47,6% tahun 2011. Tujuan penelitian yaitu mengkaji bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan program PMT-P, serta mengetahui perbedaan status gizi sebelum dan sesudah PMT-P berdasarkan indeks antropometri BB/U terhadap balita penderita gizi kurang di Puskesmas Gayamsari tahun 2012. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan pendekatan penelitian evaluasi dan studi belah lintang. Narasumber penelitian adalah ibu balita penderita gizi kurang, Tenaga Pelaksana Gizi, bidan, dan perawat. Responden penelitian adalah balita gizi kurang. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa komponen perencanaan pada penetapan sasaran belum sesuai. Komponen pelaksanaan pada alur pelaksanaan belum sesuai ketentuan dan masih terdapat 66% balita yang memperoleh biskuit belum sesuai ketentuan. Komponen pemantauan pada pemantauan konsumsi paket PMT-P untuk konsumsi susu, biskuit, dan zink belum sesua kebutuhan balita. Hasil penelitian metode kuantitatif menunjukkan ada perbedaan status gizi sebelum dan sesudah PMT-P (p = 0,001). Saran bagi tenaga pengelola program agar memperluas kriteria sasaran dan memberikan materi PHBS dalam penyuluhan, dan bagi pemerintah daerah untuk menambah anggaran dana, serta memberikan intensif sebagai pengganti transportasi kepada ibu balita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PMT-P, gizi kurang
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 01:58
Last Modified: 03 Sep 2012 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item View Item