Peningkatan Hasil Belajar Peran Pemerintah Sebagai Pelaku dan Pengatur Kegiatan Ekonomi dengan Perpaduan Numbered Head Together (NHT) dan Ceramah Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kaliwiro
Andri Yuli Kurniawan, 7101408109 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Peran Pemerintah Sebagai Pelaku dan Pengatur Kegiatan Ekonomi dengan Perpaduan Numbered Head Together (NHT) dan Ceramah Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kaliwiro. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Peran Pemerintah Sebagai Pelaku dan Pengatur Kegiatan Ekonomi dengan Perpaduan Numbered Head Together (NHT) dan Ceramah Siswa Kelas VII C SMP Negeri 4 Kaliwiro)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas VII C pada mata materi peran pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Kekuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Aktivitas siswa dalam belajar di kelas juga masih kurang. Siswa cenderung bekerja sendiri-sendiri, sebagian hanya mencontek sesama teman, sehingga siswa yang pandai tidak memberikan bantuan kepada temanya yang mengalami kesulitan. Keberanian siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan juga masih kurang, sehingga siswa cenderung pasif. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Kaliwiro pada materi peran pemerintah sebagai pelaku dan pengatur kegiatan ekonomi, dan meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar di kelas dengan perpaduan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)dan ceramah. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII CSMP Negeri 4 Kaliwiro yang berjumlah 24 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas menggunakan perpaduan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT)dan ceramah.untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrument pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar Observasi aktivitas siswa. Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 69, 72 menjadi 76 pada siklus I dan 84 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 41% menjadi 71% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada kelas dengan perpaduan Numbered Head Together (NHT)dan ceramahmampu meningkatkan hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan perpaduan Numbered Head Together (NHT)dan ceramah dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Perpaduan Numbered Head Together (NHT) dan ceramah, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 01:26 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 01:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14817 |
Actions (login required)
View Item |