Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes


Umi Masruroh, 7101408039 (2012) Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Negeri Se-Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada guru ekonomi yang menunjukkan bahwa kinerja guru ekonomi belum optimal. Hal ini dilihat dari guru yang kurang loyal dalam melaksanakan tugasnya di sekolah dikarenakan masih rendahnya penghargaan atau kompensasi yang diberikan oleh sekolah, selain itu kedisplinan guru seperti menaati jam sekolah juga masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru ekonomi SMA negeri se-kabupaten Brebes. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 45 guru dan melibatkan sampel sebanyak 40 guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data dengan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kinerja guru dalam kategori cukup baik, kompensasi dalam kategori cukup baik dan disiplin kerja guru dalam kategori baik. Hasil analisis regresi menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara kompensasi terhadap kinerja guru sebesar 18,40%, terdapat pengaruh secara parsial antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 47,47%, dan terdapat pengaruh secara simultan antara kompensasi dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 57,10%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa kompensasi dan disiplin kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru ekonomi secara simultan maupun parsial. Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah guru sebaiknya meningkatkan kinerjanya khususnya kompetensi pedagogiknya dalam hal melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan bagi pengambil kebijakan yang terkait kesejahteraan guru untuk lebih mengupayakan peningkatan kesejahteraan guru menjadi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kompensasi, Disiplin Kerja Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 08:05
Last Modified: 03 Sep 2012 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14812

Actions (login required)

View Item View Item