Pembelajaran Sejarah Lokal untuk Pokok Bahasan Local Genius dengan Pemilihan Materi Rumah Adat Kudus di SMA Negeri 1 Bae Kudus
Setiani Novitasari, , 3101408100 (2012) Pembelajaran Sejarah Lokal untuk Pokok Bahasan Local Genius dengan Pemilihan Materi Rumah Adat Kudus di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pembelajaran Sejarah Lokal untuk Pokok Bahasan Local Genius dengan Pemilihan Materi Rumah Adat Kudus di SMA Negeri 1 Bae Kudus )
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Mengajar merupakan penciptaan sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Rumah adat Kudus sangat berpotensi dipergunakan sebagai bahan ajar karena berada dilingkungan sekitar para siswa sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi yang diberikan berupa pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius. Rumusan masalah yang diambil oleh peneliti meliputi bagaimana pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius dengan pemilihan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus, bagaimana pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius tanpa menggunakan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus, bagaimana minat pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius dengan pemilihan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus. Tujuan peneliti melakukan penelitian diantaranya untuk mengetahui pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius dengan pemilihan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus, mengetahui pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius tanpa menggunakan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus, dan mengetahui minat pembelajaran sejarah lokal untuk pokok bahasan local genius dengan pemilihan materi rumah adat Kudus di SMA N 1 Bae Kudus. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan mengambil penelitian di SMA N 1 Bae Kudus yang digunakan sebagai tempat penelitian. Subjek penelitian yaitu guru sejarah kelas x dan siswa kelas X-1 sebagai kelas contol dan X-2 sebagai kelas eksperimen. Sumber data didapat dari dokumen-dokumen terkait dan, buku-buku yang menunjang. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi 3 langkah pokok yakni reduksi data, penyajian data dan, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah rumah adat Kudus berbasis sejarah lokal pada pokok bahasan local genius di SMA N 1 Bae Kudus mengambil contoh-contoh yang berada disekitar siswa sehingga siswa memahami dan mendapatkan gambaran secara lebih pasti. Penerapan bahan ajar yang dilakukan di SMA N 1 Bae Kudus berlangsung lancar dan tanggapan siswa menerima dengan baik, karena contoh yang diberikan berupa rumah adat Kudus tidak asing bagi siswa. Hasil yang diperoleh H_a: μ_1≥μ_2 dengan rata-rata X-2 = 88,7 sedang X-1 = 85,53 jadi kelas X-2 sebagai kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas X-1 sebagai kelas control.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran sejarah, sejarah lokal, local genius, rumah adat kudus |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 00:32 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 00:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14809 |
Actions (login required)
View Item |