Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu


Yenny Ary Susanti, 7101407048 (2012) Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu] Microsoft Word (Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Kepemimpinan guru dan iklim kelas merupakan salah satu faktor ekstrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dengan adanya kepemimpinan guru yang baik maka motivasi belajar siswa pun akan baik. Begitu pula jika kepemimpinan guru baik, maka mampu mengarahkan dan menciptakan iklim kelas yang kondusif sehingga akan menciptakan motivasi belajar siswa yang baik pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan guru dan iklim kelas terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu, untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan guru akuntansi terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu, serta untuk menganalisis pengaruh ikllim kelas terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IS SMA Negeri I Bumiayu. Responden penelitian berjumlah 108 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Yaitu kelas IS 1, IS 2 dan IS 3. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kepemimpinan guru (X1), iklim kelas (X2), serta variabel terikat yaitu motivasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian secara analisis deskriptif menggambarkan motivasi belajar, kepemimpinan guru dan iklim kelas yang tinggi. Ada pengaruh antara kepemimpinan guru dan iklim kelas terhadap motivasi belajar akuntansi siswa, tidak ada pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa dan ada pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bumiayu. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu variabel kepemimpinan guru di SMA Negeri 1 Bumiayu pada kategori tinggi. Namun harus terus ditingkatkan agar menjadi guru yang memiliki kepemimpinan guru yang lebih baik, serta agar iklim kelas di SMA Negeri 1 Bumiayu dapat terbentuk dengan baik, maka siswa dan guru berkewajiban untuk menciptakan iklim kelas agar tetap kondusif, nyaman dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Guru, Iklim Kelas, dan Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 00:28
Last Modified: 03 Sep 2012 00:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item