Kesulitan Mahasiswa Praktikan Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMP Negeri Tempat Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Di Kota Magelang Kelas VII Dan VIII


Siti Fadlilah,, 3101408080 (2012) Kesulitan Mahasiswa Praktikan Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMP Negeri Tempat Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Di Kota Magelang Kelas VII Dan VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesulitan Mahasiswa Praktikan Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMP Negeri Tempat Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Di Kota Magelang Kelas VII Dan VIII] Microsoft Word (Kesulitan Mahasiswa Praktikan Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Dalam Proses Pembelajaran Sejarah Di SMP Negeri Tempat Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Di Kota Magelang Kelas VII Dan VIII) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

PPL merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis dibawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong yang memenuhi syarat. Tugas-tugas yang harus dilaksanakan mahasiswa praktikan dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan harus mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Kesiapan calon pendidik dapat dilihat dari tingkat keberhasilan mahasiswa dalam melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan, akan tetapi mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan PPL. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengapa mahasiswa praktik pengalaman lapangan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran sejarah, dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan mengapa mahasiswa praktik pengalaman lapangan mengalami kesulitan yang dalam proses pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil penelitian di SMPN Kota Magelang yang digunakan sebagai tempat penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa praktik pengalaman lapangan, guru sejarah yang bertugas sebagai guru pamong, dosen pembimbing PPL, serta siswa yang diajar oleh mahasiswa PPL. Sumber lain berupa data laporan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dengan teknik triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan adalah analisis teori Milles dan Huberman (1996: 16-17) dalam penelitian kualitatif analisis data meliputi 3 langkah pokok 1) Reduksi data 2) Penyajian data dan, 3) penerikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa praktik pengalaman lapangan adalah: kurangnya penguasaan materi oleh mahasiswa praktik pengalaman lapangan, pemilihan metode sesuai dengan materi, kurangnya tingkat kekreatifan mahasiswa dalam mengelola, serta kurangnya persiapan mahasiswa sebelum melakukan proses pembelajaran, kurangnya keahlian mahasiswa dalam menggunakan media pempelajaran dan, kurangnya komunikasi antara mahasiswa dan guru pamong. Dari hasil pengamatan penelitian dapat di ajukan saran terhadap mahasiswa praktik pengalaman lapangan, sebaiknya menguasai bahan pelajaran sebaik mungkin, mampu melakukan pendekatan terhadap murid-muridnya, benar-benar mempersiapkan diri sebelum mekukan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dalam Proses Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 07:26
Last Modified: 03 Sep 2012 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item