Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Singapura Tahun 1980-2010


Onike Siburian, 7450408057 (2012) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Singapura Tahun 1980-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Singapura Tahun 1980-2010] Microsoft Word (Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekspor Karet Alam Indonesia Ke Singapura Tahun 1980-2010) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara produsen utama karet alam terbesar di dunia di samping Thailand dan Malaysia. Indonesia memproduksi 28% dari keseluruhan produksi karet alam dunia. Salah satu tujuan utama ekspor karet alam Indonesia adalah Singapura. Singapura mengimpor sebanyak 7% karet alam dari Indonesia. Pada tahun 1990 hingga 2010, volume ekspor karet alam Indonesia mengalami penurunan yang cukup besar. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh beberapa faktor terkait terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura Varibel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspor karet alam Indonesia ke Singapura sebagai variabel terikat, GDP Singapura, harga karet alam Indonesia ke Singapura, dan produksi karet alam Indonesia, dan krisis 1998 sebagai variabel bebas. Penelitian ini menggunakan analisis log linear dengan menggunakan model ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian ini adalah GDP Singapura dalam jangka pendek memiliki hubungan yang positif terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura, dan dalam jangka panjang GDP Singapura memiliki pengaruh yang negatif terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura. Harga karet alam Indonesia dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang memiliki hubungan yang negatif terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura. Produksi karet alam Indonesia juga memiliki hubungan yang positif terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa secara parsial yang mempengaruhi ekspor karet alam Indonesia adalah harga karet alam Indonesia dan produksi karet alam Indonesia baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Sedangkan GDP Singapura dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap ekspor karet alam Indonesia ke Singapura sedangkan dalam jangka panjang GDP Singapura memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekspor karet alam Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspor, Karet alam, Singapura, GDP, Harga, Produksi, Krisis 1998, Error Correction Model (ECM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 04:49
Last Modified: 03 Sep 2012 04:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14794

Actions (login required)

View Item View Item