Pemanfaatan Media Audio sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menggambar Ilustrasi Komik Strip Kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang

Ahmad Luthfi Ainun, 2401407022 (2012) Pemanfaatan Media Audio sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Menggambar Ilustrasi Komik Strip Kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kreativitas menggambar ilustrasi komik strip siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, kreativitas dan imajinasi. Hal ini dibuktikan dengan data nilai siswa, sebagian besar kelas VIII A yang nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya 50%, metode pembelajaran perlu diperbaiki agar kreativitas siswa muncul. Oleh karena itu, diperlukan media yang sesuai dengan fungsi, tujuan, dan efektif diterapkan dalam menggambar ilustrasi komik strip yaitu media audio. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kriteria media audio yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi komik strip kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang? (2) Bagaimanakah langkah-langkah pemanfaatan media audio dalam pembelajaran menggambar ilustrasi komik strip kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang? (3) Bagaimanakah gambaran peningkatan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi komik strip melalui media audio kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang?. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan yang dilakukan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Batang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Media audio yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ilustrasi komik strip adalah isi cerita, dialog/percakapan, efek suara dan backsound harus dibuat semenarik mungkin dengan dialog yang lebih ringan dan mudah dimengerti, selain itu cerita yang tidak terlalu panjang, efek suara serta backsound yang sesuai dengan latar isi cerita, dan didukung dengan strategi pembelajaran yang memungkinkan tercapainya keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kreativitas dalam menggambar ilustrasi komik strip melalui media audio. Hasilnya dapat diketahi bahwa rata-rata nilai tes siswa prasiklus sebesar 73,19 meningkat menjadi 76,22 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,37 pada siklus II. Adapun besarnya peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 3,03 atau 4,13%, dari siklus I ke siklus II sebesar 2,17 atau 2,84%, dan dari prasilus ke siklus II sebesar 5,18 atau 7,07%. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) Hendaknya guru Seni Rupa dapat menerapkan cara untuk meningkatkan kreativitas siswa. Guru Seni Rupa dapat memanfaatkan media audio untuk dijadikan stimulasi dalam pembelajaran menggambar ilustrasi komik strip. (2) Pembelajaran dengan media audio dapat dijadikan alternatif bagi guru bidang studi lain karena dengan media tersebut dapat memberikan motivasi siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Menggambar Ilustrasi komik strip, Media Audio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 07:17
Last Modified: 02 Sep 2012 07:17

Actions (login required)

View Item