Asesmen Alternatif Portofolio IPA Kelas VIII di SMPN 1 Girimarto Wonogiri


Rezania Setyandari, 4401407041 (2012) Asesmen Alternatif Portofolio IPA Kelas VIII di SMPN 1 Girimarto Wonogiri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Asesmen Alternatif Portofolio IPA Kelas VIII di SMPN 1 Girimarto Wonogiri] Microsoft Word (Asesmen Alternatif Portofolio IPA Kelas VIII di SMPN 1 Girimarto Wonogiri) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Sistem penilaian yang dilakukan guru IPA pada materi sistem peredaran darah manusia di SMPN 1 Girimarto Wonogiri belum sesuai KTSP. Penilaian hanya dilakukan pada aspek kognitif. Salah satu penilaian yang sesuai KTSP adalah asesmen alternatif portofolio, karena dapat menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa asesmen alternatif portofolio yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Girimarto Wonogiri. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development. Variabel penelitian ini berupa kelayakan asesmen alternatif portofolio IPA, aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dikatakan berhasil apabila pakar asesmen, pakar materi dan guru menyatakan layak, ≥85% siswa aktif dan sangat aktif belajar serta siswa tuntas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakar asesmen, pakar materi dan guru menyatakan asesmen alternatif portofolio yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan rata-rata kelayakan 93%. Persentase siswa yang aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran pada uji coba 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 85%, 90% dan 97%. Persentase siswa yang tuntas belajar pada aspek kognitif uji coba 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 85%, 93% dan 95%. Persentase siswa yang tuntas belajar pada aspek afektif uji coba 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 85%, 90% dan 97%. Persentase siswa yang tuntas belajar pada aspek psikomotorik uji coba 1, 2 dan 3 berturut-turut adalah 85%, 81% dan 93%. Simpulan penelitian ini adalah telah dihasilkan produk asesmen portofolio IPA yang layak digunakan pada mata pelajaran IPA di SMPN 1 Girimarto Wonogiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen alternatif portofolio, IPA, Sistem peredaran darah manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 12:28
Last Modified: 31 Aug 2012 12:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item