Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah SMA Negeri di Kudus

Yuliana Ratna Candra Dewi, 3101408075 (2012) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah SMA Negeri di Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah SMA Negeri di Kudus. Karakter bangsa yang melekat pada diri siswa pada jaman sekarang belum sepenuhnya terbentuk dengan baik. Masih ada beberapa dari siswa khususnya siswa SMA yang tidak menunjukkan nilai karakter positif, hal ini terlihat dari makin merebaknya kenakalan remaja di kalangan para pemuda khususnya siswa SMA. Tawuran antar pelajar SMA masih saja terjadi di pertengahan tahun 2012. Selain itu seks bebas juga masih sering terjadi seakan memang kondisi tersebut merupakan kondisi yang tidak memperhatikan bagi kalangan pendidikan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pemahaman warga sekolah terhadap pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter, (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, (3) bagaimana caranya agar nilai-nilai utama dari 18 nilai karakter dapat diterima oleh siswa, (4) kendala apa saja yang ditemukan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) ingin mengetahui pemahaman warga sekolah terhadap pentingnya pelaksanaan pendidikan karakter, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah, (3) mengetahui caranya agar nilai-nilai utama pendidikan karakter dapat diterima siswa, (4) mengetahui kendala apa yang dihadapi saat pelaksanaan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di tiga SMA Negeri Kudus, diantaranya SMA Negeri 1 Bae, SMA Negeri 2 Bae, dan SMA Negeri 1 Jekulo. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru sejarah, dan beberapa siswa dari ketiga SMA Negeri yang bersangkutan. Teknik pengumpulam data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, (1) ada beberapa dari guru yang tidak begitu memahami bagaimana konsep dari pelaksanaan pendidikan karakter, (2) guru mengintegrasikan nilai pendidikan karakter itu kedalam mata pelajaran sejarah selain itu disisipkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (3) nilai-nilai utama pendidikan karakter selain melalui pembelajaran, pembentukan karakter juga dilakukan melalui pembiasaan di lingkungan sekolah dan ekstrakulikuler, (4) kendala yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru terhadap pemberian pendidikan karakter melalui pembelajaran, faktor keluarga, dan era globalisasi yang semakin meluas khususnya dalam bidang IT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saran sebagai berikut (1) guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum mengajar di depan kelas, (2) menggunakan metode pembelajaran yang seharusnya mampu menyampaikan materi pembelajaran sejarah sehingga dengan penggunakan metode tersebut nilai-nilai karakter dapat terbentuk pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:04
Last Modified: 31 Aug 2012 04:04

Actions (login required)

View Item