Analisis Kualitas Soal Pada Buku Teks Sejarah Kelas XI IPS Pada Kompetensi Dasar “Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Terhadap Masyarakat Di Berbagai Daerah Di Indonesia” Di SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan.

Ina.Setiani,, 3101408069 (2012) Analisis Kualitas Soal Pada Buku Teks Sejarah Kelas XI IPS Pada Kompetensi Dasar “Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Terhadap Masyarakat Di Berbagai Daerah Di Indonesia” Di SMA Negeri 1 Gubug Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Buku ajar sebagai media pengajaran berfungsi sebagi alat bantu dalam proses pembelajaran. Semakin baik kualitas soal buku ajar semakin berfungsi dalam menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal pada buku ajar sejarah kelas XI IPS terbitan Erlangga karangan Ratna Hapsari dan Abdul Syukur pada kompetensi dasar “Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Terhadap Masyarakat Di Berbagai Daerah Di Indonesia”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rumusan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis buku tidak dilakukan pada keseluruhan isi buku, tetapi ditekankan pada kualitas item soal di dalamnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik tes dan identifikasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis tes dan analisis butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada buku teks sejarah terbitan Erlangga karangan Ratna Hapsari dan Abdul Syukur kelas XI IPS pada kempetensi dasar “Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Terhadap Masyarakat Di Berbagai Daerah Di Indonesia” diperoleh hasil presentase kriteria soal yang baik sesuai dengan kaidah penulisan soal untuk soal pilihan ganda adalah 85,42%, sedangkan untuk soal uraian memperoleh hasil presentase sebesar 90%, soal pada kompetensi dasar tersebut tergolong reliable, mempunyai daya beda cukup untuk soal pilihan ganda dan mempunyai daya beda yang baik untuk soal uraian dan mempunyai tingkat kesukaran dalam kategori sedang, baik untuk soal pilihan ganda maupun soal uraian. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa soal pada buku ajar sejarah kelas XI IPS terbitan Erlangga karangan Ratna Hapsari dan Abdul Syukur pada kompetensi dasar “Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam Terhadap Masyarakat Diberbagai Daerah Di Indonesia” tergolong baik. Saran yang dapat peneliti sampaikan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dapat tetap menggunakan soal-soal pada buku tersebut dalam proses pembelajaran. Untuk melengkapi kekurangan yang ada di dalam buku, guru atau siswa dapat menggunakan buku pelengkap lain. Bagi pengarang, hendaknya lebih memperhatikan dalam membuat soal yang lebih baik yaitu yang sesuai dengan kaidah penulisan soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kualitas soal, Buku Teks Sejarah
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:01
Last Modified: 31 Aug 2012 04:01

Actions (login required)

View Item