Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Ngawen Blora


Ivan Setia Arianto, 4201408072 (2012) Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Ngawen Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Ngawen Blora] Microsoft Word (Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Ngawen Blora) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Hasil obervasi awal terhadap proses pembelajaran di SMPN 1 Ngawen Blora menunjukkan bahwa pengajaran cenderung berpusat pada guru, siswa sebagian besar bersikap pasif dalam pembelajaran, saat dilakukan diskusi kelompok, sebagian siswa bekerja sendiri dan situasi kelas tidak efektif dalam berdiskusi. Kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman konsep dan kemampuan menyelesaikan masalah. Project Based Learning sebagai alternatif pembelajaran yang dapat memberikan ilmu dan pengalaman siswa untuk bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri, dan mencapai puncaknya untuk menghasilkan produk/hasil karya berupa hidrometer sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ngawen Blora pada pokok bahasan tekanan zat cair melalui penerapan model Project Based Learning. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi model Project Based Learning sedangkan kelas kontrol diberi metode konvensional dengan demonstrasi. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari lembar evaluasi, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen 82,03 dan kelas kontrol 69,38. Nilai rata-rata hasil belajar afektif kelas eksperimen 81,12 dan kelas kontrol 72,4. Nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen 81,25 dan kelas kontrol 67,71. Kesimpulan dari penelitian adalah penerapan model Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan tekanan zat cair. Saran yang dapat diberikan yaitu penggunaan model Project Based Learning sebaiknya guru melakukan bimbingan yang optimal saat proses praktikum agar siswa dapat mengurangi kesulitan, sehingga praktikum dapat berjalan dengan lancar dan maksimal. Model Project Based Learning diharapkan dapat diterapkan pada pokok bahasan selain tekanan zat cair dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 08:34
Last Modified: 31 Aug 2012 08:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item