Penggunaan Concept Cartoons dalam Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Gerak bagi Siswa SMP


Puspo Rohmi, 4201408029 (2012) Penggunaan Concept Cartoons dalam Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Gerak bagi Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Concept Cartoons dalam Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Gerak bagi Siswa SMP] Microsoft Word (Penggunaan Concept Cartoons dalam Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Gerak bagi Siswa SMP) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa terhadap materi pembelajaran IPA fisika adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran untuk mengkontruksi, mengeksplorasi pengetahuan sendiri, mengeksplanasi, mengelaborasi, serta mengaplikasikan konsep-konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa SMP pada materi Gerak dengan menggunakan concept cartoons dalam model learning cycle 7E. Penelitian ini menggunakan true experimental design dengan control group pre-test post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran materi Gerak dengan model learning cycle 7E menggunakan LKS concept cartoons, sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan berupa pembelajaran materi Gerak dengan model learning cycle 7E menggunakan LKS terstruktur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes keterampilan berpikir kritis dan instrumen tes pemahaman konsep dengan bentuk tes objektif pilihan ganda yang disertai penjelasan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapatkan gain ternormalisasi keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,58 dan pada kelas kontrol sebesar 0,47. Gain ternormalisasi untuk pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 0,60 dan pada kelas kontrol sebesar 0,53. Untuk mengetahui perbedaan peningkatan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, peneliti melakukan uji signifikansi gain aktual dengan rumus t-test. Dari hasil uji signifikasi untuk keterampilan berpikir kritis diperoleh thitung sebesar 3,116 dan untuk pemahaman konsep diperoleh thitung sebesar 1,685. Pada taraf signifikansi 95% nilai thitung yang didapatkan untuk kedua variabel ternyata lebih besar dibandingkan nilai ttabel yaitu sebesar 1,671. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model learning cycle 7E yang menggunakan concept cartoons dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa daripada pembelajaran dengan model learning cycle 7E yang tidak menggunakan concept cartoons. Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan concept cartoons dalam pembelajaran dengan model learning cycle 7E dapat lebih meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: concept cartoons, learning cycle 7e, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 08:31
Last Modified: 31 Aug 2012 08:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item