Keterampilan Pemilihan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Sejarah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012.


Deny Dwi Purnomo, . , 3101408041 (2012) Keterampilan Pemilihan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Sejarah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keterampilan Pemilihan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Sejarah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012.] Microsoft Word (Keterampilan Pemilihan Strategi Pembelajaran Oleh Guru Sejarah Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Tahun Pelajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru adalah unsur utama penentu keberhasilan proses belajar mengajar, karena bentuk dan sikap pengajaran yang ada sangat tergantung pada guru sebagai pengelola, pengatur, pembimbing dan pemberi keputusan. Pengajar sejarah dituntut aktif dalam mengembangkan proses belajar mengajar, kreativitas pengajar sejarah ini dikuatkan dengan dimilikinya kemampuan dan kecakapan mengembangkan konsep-konsep sejarah. Guru dituntut aktif dalam menyampaikan pesan dan informasi mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada di kurikulum dan sekreatif mungkin agar siswa antusias menerima pesan tersebut, sehingga minat belajar sejarah yang diinginkan bisa tercapai secara maksimal. Dalam pembelajaran, guru harus kreatif dalam pemilihan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Dalam skripsi ini permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimana keterampilan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran sejarah terhadap siswa, (2) bagaimana minat belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sejarah, (3) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Lasem dengan populasi siswa kelas XI IPS yang berjumlah 132. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan non eksperimen. Pengambilan sampel dari populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sample yaitu di kelas XI IPS 2. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji asumsi klasik dan uji regresi sederhana. uji normalitas dengan sig = 0,907 = 90,7% > 5%, maka H0 diterima. Pada uji linier diperoleh nilai Fhitung = 23,897 > 4.149= Ftabel dengan kata lain model regresi linier dapat digunakan dalam penelitian ini, persamaan regresi sederhana diperoleh Y = 63,250 + 0,621 X. Hasil pengujian statistik dengan SPSS pada variabel X (Keterampilan pemilihan strategi pembelajaran) diperoleh nilai thitung = 4,511 > 2.0395= ttabel, dan sig = 0.000 < 5%, jadi Ho ditolak. Ini berarti variabel keterampilan pemilihan strategi pembelajaran secara statistik berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat belajar siswa. Keterampilan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Lasem diperoleh persentasi sebesar 73,4% yaitu pada kriteria baik. Minat belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lasem diperoleh persentasi sebesar 70,7% yaitu pada kriteria baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Lasem diperoleh thitung sebesar 4,511. Pada taraf signifikansi 5% dan dk = 31 dengan tingkat signifikansi sebesar 2,0395 Tampak bahwa thitung > ttabel. Saran dari penulis adalah guru pada mata pelajaran sejarah lebih meningkatkan keterampilan pemilihan strategi pembelajaran terutama pada indikator menutup pembelajaran karena pada indikator tersebut memiliki persentasi lebih rendah dibandingkan dengan indikator yang lain. Guru lebih menumbuhkan minat belajar sejarah siswa terutama pada tingkat perhatian dan kepuasan pada diri siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Dengan melihat pengaruh antara keterampilan pemilihan strategi pembelajaran oleh guru terhadap minat belajar siswa sudah selayaknya bagi pihak sekolah untuk senantiasa memberikan pelatihan dan pengawasan kepada guru agar senantiasa meningkatkan keterampilan pemilihan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Strategi Pembelajaran, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 00:53
Last Modified: 31 Aug 2012 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item